CIPUTAT — Di penghungjung tahun 2014 lalu Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta kembali memberikan beasiswa kepada mahasiswa/I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. STF memilih 35 mahasiswa yang memiliki latar belakang ekonomi rendah namun memiliki prestasi yang baik.

Semua penerima beasiswa itu telah menyisihkan 1800 lebih aplikasi yang masuk, dan 120 yang diwawancara. Kesemuanya berasal dari berbagai fakultas yang ada di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Secara simbolis, beasiswa diserahkan kepada Ummu Salamah (mahasiswi Prodi. Ilmu Hukum/FSH) dan Ipan Maspupan (mahasiswa Jur. SKI/FAH) di Ruang Sidang Utama Gd Rektorat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta oleh Direktur STF, Prof. Dr. Jamhari, Rabu (26/11).

Dalam arahannya, Prof. Jamhari berpesan agar mahasiswa penerima beasiswa STF, atau yang akrab disapa Truster, dapat menjaga amanah beasiswa ini dengan baik. Pasalnya, beasiswa yang diberikan itu adalah titipan dari para donatur yang tulus ikhlas menitipkan sebagian hartanya melalui STF. “Uang beasiswa ini tidak serta merta ada, melainkan dari mereka para dermawan, yang notabene juga bukan orang yang berkelebihan,” pesannya.

Mantan Wakil Rektor IV UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini juga berpesan agar para mahasiswa juga mengalirkan kebaikan yang telah diberikan oleh para dermawan itu dengan berkontribusi melalui STF, baik dengan materil, moril, pikiran ataupun gagasan. “Beramal itu tidak harus menunggu kaya,” tegasnya.

Manager Beasiswa STF, Eva Mushoffa mengatakan, selain mendapat bantuan SPP dan atau uang saku, para penerima beasiswa STF juga akan dibekali berbagai pelatihan dan penguatan kapasitas, baik akademik, maupun non-akademik. “Mereka juga dituntut untuk aktif sebagai volunteer STF sebagai bentuk kontribusi sosialnya,” tukasnya.

Selain itu, pada awal tahun 2015 ini, STF bekerjasama dengan Bank Indonesia, juga memberikan beasiswa kepada 40 mahasiswa/i. Namun, beasiswa ini diberikan kepada jurusan-jurusan tertentu seperti Ilmu Ekonomi, Perbankan Syariah, Manajemen, dan Agribisnis. [mir]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here