CERCONDESO, Cidokom – Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan kegiatancamp di bulan Ramadhan yang berlangsung dari 26-28 Juni, 2015. Bertemakan Ramadhan Edu-Fun Campdengan konsep pesantren kilat (sanlat), acara ini bertujuan untuk menginternalisasikan nilai-nilai kemanusiaan, perdamaian, dan toleransi sesuai dengan ajaran Islam rahmatan lil‘alamin kepada anak-anak Desa Cidokom, Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan ini berlangsung di Aula Center for Rural Community Development and Sosial Entrepreneurship(CERCONDESO), Cidokom, salah satu aula yang diwakafkan oleh donatur tetap STF UIN Jakarta yang diperuntukan untuk kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan Desa Cidokom.

STF UIN JakartaDiperbantukan oleh 15 orang mahasiswa UIN Jakarta – umumnya adalah sukarelawan STF UIN Jakarta – acara ini berjalan dengan lancar dan sukses. Para sukarelawan tersebut bertugas bukan hanya sebagai panitia pelaksana, tetapi juga menjadi peracik konten acara agar anak-anak yang menjadi peserta bisa menikmati belajar yang mengasyikan.

Ibu Dr Amelia Fauzia selaku wakil direktur STF UIN Jakarta dalam sambutannya – di hari pertama kegiatan ini – berharap agar anak-anak Cidokom yang ikut Ramadhan Edu-Fun Camp bisa memiliki pemahaman Islam yang rahmatan lil‘alamin. Yakni Islam yang toleran, damai, dan saling menghormati. Doktor sejarah lulusan Melbourne University tersebut juga mengatakan bahwa dalam sanlat ini, anak-anak akan dibekali dengan pemahaman akan pentingnya nilai-nilai kemanusiaan.

Dalam sambutannya, Sain Putra, SE., selaku Pak Lurah Desa Cidokom menyampaikan terima kasih kepada STF UIN Jakarta yang bersedia membuat acara sanlat di aula CERCONDESO untuk anak-anak Cidokom. Ia berharap, kedepannya STF UIN Jakarta bisa terus memberikan banyak maanfaat bagi masyarakat Cidokom.

Kemudian, diakhir sambutan yang diberikan Pak Lurah, acara ini dibuka secara simbolik dengan penyematan name tag kepada salah satu peserta sanlat oleh Pak Lurah. Kegiatan dibuka dengan diikutioleh anak-anak berusia sekolah dasar yang jumlahnya sebanyak 30 anak dan bertempat tinggal di sekitar Aula CERCONDESO.

Sesuai rencana, kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua gelombang. Gelombang pertama berlangsung pada tanggal 26-28 Juni dan gelombang kedua berlangsung pada tanggal 2-4 Juli, 2015. Rina Syaprianti selaku Koordinator Acara Ramadhan Edu-Fun Camp mengatakan, “Acara iniakan dibagi menjadi dua term, pada 26-28 Juni 2015 dan 2-4 Juli 2015”.

Pada gelombang pertama beragam acara yang menarik telah disajikan. Diantaranya yaitu penyampaian materi tentang Everything About Ramadhan, Ramadhan di Luar Negeri, Belajar Bahasa Arab dan Inggris, Pemutaran Film Kisah Nabi-nabi serta kegiatan rutin seperti sholat berjamaah yang dilanjutkan dengantahsin Al-Quran.

Di akhir sanlat ini, Rina berharap bahwa anak-anak yang ikut kegiatan ini bisa mendapatkan pelajaran yang berharga. “Aku berharap anak-anak Cidokom yang ikut Edu-Fun Camp bisa senang belajar dan bermain dengan kakak-kakak dari STF UIN Jakarta”, ujar Rina saat penutupan acara ini, Minggu (28/6). (DEW/EAG).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here