Sehat merupakan kondisi optimal fisik, mental dan sosial seseorang sehingga dapat memiliki produktivitas, bukan hanya terbebas dari bibit penyakit. Artinya kondisi sehat dapat juga dilihat dari dimensi produksi yang memandang keadaan sehat sebagai salah satu modal produksi atau prakondisi yang dibutuhkan seseorang sehingga dapat beraktivitas yang produktif. Karenanya masyarakat harus bijak dalam menjaga kesehatan tubuh dan melakukan antisipasi bila terjadi musibah. Dalam hal ini Edukasi bagi masyarakat menjadi penting.

Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta sejak 2010 telah menginisiasi program BUNGKESMAS (Tabungan Kesehatan Masyarakat) yang mendukung upaya masyarakat memiliki dana cadangan kesehatan secara mandiri dan akses ke layanan jaminan/asuransi kesehatan, kecelakaan dan kematian murah (Rp. 100.000/tahun). Sehingga memungkinkan hidup lebih aman dan lebih produktif.

Untuk kali ini, STF UIN Jakarta membuat kegiatan sedikit berbeda dari sebelumnya yaitu mengkampayekan program Bungkesmas dan edukasi kesehatan bagi masyarakat di wilayah Tangerang Selatan melalui “BUNGKESMAS FUN RUN”. Kegiatan yang dilakukan pada hari Minggu, 30 April 2017 pukul 08.00-11.00 WIB di kampus 2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibuka langsung oleh Direktur STF yaitu Dr Amelia Fauziah. Antusias dan respon yang sangat baik dari masyarakat membuktikan bahwa minat berdonasi meningkat walaupun konsep yang diusung adalah berdonasi jaminan kesehatan murah bagi kaum dhuafa.

Acara berjalan dengan lancar, sekitar 200 orang mengikuti acara dari awal hingga akhir. Dengan membayar Rp 15.000/pasangan (2 orang) peserta dapat ikut serta berdonasi sekaligus berlomba untuk mendapat hadiah yang telah disediakan. Hasil pendaftaran peserta dan sponsorship didonasikan bagi masyarakat miskin di wilayah Cidokom, Parung, Banten- Jawa Barat untuk mendapatkan jaminan kesehatan murah (Bungkesmas).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here