Profesor Ricklefs baru saja menerbitkan buku baru mengenai biografi Pangeran Mangkunagara I. Karya ini ia tulis lewat pembacaan mendalam atas Sĕrat Babad Pakunĕgaran, puluhan naskah berbahasa Jawa dan arsip-arsip VOC. Tulisan ini mengkoreksi beberapa kesalahan penulisan mengenai tokoh Pangeran Mangkunagara I, yang dijuluki Samber Nyawa.

Salah satu hal menarik mengenai tokoh ini sebagaimana ditulis Ricklefs adalah sisi-sisi humanis sang Pangeran yang ternyata seorang Muslim taat, pecinta kebudayaan Jawa, sekaligus menerima kebudayaan Belanda seperti teknologi alat perang dan minuman.

Fakultas Adab dan Humaniora (UIN) Jakarta dan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta akan melakukan peluncuran dan diskusi buku Ricklefs terbaru ini yang berjudul Soul Catcher: Java’s Fiery Prince Mangkunagara I, 1726–1795.

Pengantar Diskusi

👤 Prof. M.C. Ricklefs

Pembahas

👤 Prof. Peter Carey (Adjunct Profesor di Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Indonesia)

👤 Prof. Azyumardi Azra (Guru Besar Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Jakarta)

👤 Prof. Oman Fathurrahman (Guru Besar Filologi Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Jakarta)

🎤 Host:

👤 Dr. Amelia Fauzia (Dosen, sejarawan UIN Jakarta dan Direktur STF UIN Jakarta)

👤 Dr. Fuad Jabali (Dosen, sejarawan UIN Jakarta dan Peneliti Senior PPIM UIN Jakarta)

 

Yang akan berlangsung pada:

Rabu, 26 September 2018

13.30 – 15.30 WIB

Ruang Teater Prof. Dr. Bustami Abdul Ghani, Lt. 5 Gd. Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Jl. Tarumanegara No.17B, Pisangan, Ciputat Timur. Kota Tangerang Selatan, Banten. 15419 (https://goo.gl/3UT6qZ)

Acara akan dihadiri oleh sejarawan dan ilmuwan ternama termasuk murid-murid Ricklefs. Ingin tahu sejarah Jawa dan mendengar  sejarawan2 top bicara? Jangan lewatkan kesempatan langka ini dan segera mendaftar!

Acara gratis-terbuka untuk umum (terbatas hanya 100 peserta) dengan melakukan pendaftaran ke: http://bit.ly/PendaftaranPesertaBLD

Informasi Pembelian Buku:

📲 0812 8802 8515 (Febria)

 

#SoulCatcher

#TributetoRicklefs

#FAHUINJKT

#STFUINJKT

 

http://fah.uinjkt.ac.id/ & http://. www.stfuinjakarta.org/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here