Poso, STF News—Tepat pada 20 September lalu, Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta memberikan santunan  program beasiswa perdamaian kepada 10 anak masing-masing dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Poso, Sulawesi Tengah. Lokasi yang digunakan untuk menyerahkan beasiswa perdamaian yakni di Kelurahan Sangele kecamatan Pamona Puselemba.

Perlu diketahui, beasiswa pedamaian merupakan salah satu program yang diusulkan oleh STF UIN Jakarta guna mendukung riset filantropi yang nantinya akan bermanfaat untuk keadilan sosial dan perdamaian. Bagi STF UIN Jakarta, beasiswa perdamaian menjadi manifestasi dari Islam yang rahmatan lilalamin.

Direktur STF UIN Jakarta Dr. Amelia Fauzia mengatakan latar belakang mengapa STF UIN Jakarta memberikan beasiswa perdamaian untuk anak-anak warga Poso karena daerah tersebut pernah mengalami konflik sosial. Namun, sebenarnya daerah Poso khususnya warga daerah sendiri memiliki potensi kuat untuk melakukan perdamaian.

”Sehingga kami meyakini hubungan persaudaraan melalui beasiswa perdamaian ini akan memperkuat persaudaraan kebangsaan. Lewat beasiswa, para siswa, guru, orang tua, pegiat sosial dan masyarakat saling berinteraksi dan mengukuhkan kebersamaan.,” ungkapnya.

Tak hanya itu, lanjut Dr. Amelia Fauzia, STF UIN Jakarta juga berharap dengan adanya kegiatan ini akan menjadi inspirasi perdamaian tidak hanya bagi warga Indonesia tapi juga bagi dunia. Secara garis besar, STF UIN Jakarta berusaha memperkuat persaudaraan, perdamaian, dan menjadi  bentuk mengapresiasikan keragaman yang ada di tanah air.

“Siswa yang diberi beasiswa adalah anak-anak yang diasuh oleh ibu sekolah perempuan Poso (yang anggotanya memiliki ragam agama). Nantinya akan dipantau perkembangan akademiknya, “ tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here