Beranda Berita Berderma dan Kerelawanan adalah Universal

Berderma dan Kerelawanan adalah Universal

980

Kolom Direktur Social Trust Fund UIN Jakarta

Prof. Amelia Fauzia, MA., Ph.D

Giving and volunteering, berderma dan kerelawanan, tidak hanya memberikan dampak kebaikan, tetapi juga dapat menguatkan kemanusiaan kita.

Hari Minggu tanggal 14 Maret yang lalu tim STF bertemu virtual dengan para calon relawan (volunteer) dari berbagai negara yang berencana akan membantu STF merenovasi dan mengembangkan salah satu program STF UIN Jakarta. Kami sudah tidak sabar menyambut volunteer dari CAUKIN Studio pada Juli dan Agustus 2021 yang akan bertandang ke Jakarta. Dengan penuh harap semua akan sudah pulih dari pandemi, baik di Indonesia maupun di UK. Mereka para volunteer akan membantu kita mendesain, merenovasi, dan membangun fasilitas tambahan dari Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (Cercondeso). Cercondeso adalah program wakaf endowment yang dikelola oleh lembaga sosial kemanusiaan Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Volunteer Caukin adalah mahasiswa dan lulusan dari jurusan arsitektur. CAUKIN Studio didirikan oleh orang-orang dari Kanada, UK, dan Indonesia, dan menjadi salah satu tempat peleburan volunteer dunia yang berpengaruh dalam bidang arsitektur. Mereka akan datang ke Indonesia, sebagai volunteer di Cercondeso.

Mari bergandengan tangan gotong royong untuk mempersiapkan dan menyambut mereka dan membantu kami untuk mencapai mimpi mendidik anak-anak, perempuan pedesaan, dan pemuda melalui aktivitas dari Cercondeso untuk menguatkan desa kita, negara kita untuk dunia yang lebih baik untuk kemanusiaan.

Kami merasa sangat senang akan kehadiran volunteer dari tempat yang amat sangat jauh yang akan merelakan energinya, keahliannya, dan keringat untuk membantu kami. Mereka bahkan membiayai tiket dan akomodasinya sendiri. Ayok kita imbangi semangat kedermawanan dan volunterisme mereka tamu-tamu kita ini. Caranya? Kita menggalang batu bata, semen, pasir, besi, cangkul dan bahan bangunan lainnya dan menemani mereka.

Selama bertahun-tahun, Cercondeso telah membantu banyak mahasiswa dari berbagai universitas untuk melakukan pemberdayaan masyarakat dan menguatkan komunitas desa. Cercondeso berlokasi di Desa Cidokom, tidak jauh dari Jakarta jantung Indonesia dan tidak jauh dari universitas besar di sekitarnya. Akan tetapi jumlah penduduk dan pemuda yang menyenyam pendidikan universitas masih sangat rendah, angka putus sekolah dan buta huruf masih tinggi. Cercondeso berkontribusi pada pendidikan informal dan program pemberdayaan perempuan. Saat ini adalah waktunya untuk meningkatkan fasilitasnya, agar bisa lebih banyak berkontribusi bagi pembangunan negeri.

Baca juga: Jangan Biarkan Anak-anak Taman Baca Cercondeso Kerubuhan Atap

Jika kamu ingin membantu dengan tanganmu, energi, ide, uang, jejaring, donasi bahan bangunan, dan lain sebagainya, jangan ragu untuk menghubungi kami di email socialtrustfund@uinjkt.ac.id atau di nomor 081380559914.

Mari bergabung dengan kami untuk membuat dunia yang lebih baik bagi kemanusiaan.

Cercondeso berlokasi di Jl. Intan I, RT 01/03, Desa Cidokom, Kecamatan Gn Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, 16240, Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR