Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia memberikan dampak di berbagai sektor tidak hanya kesehatan, tapi juga perekonomian. Dampak perekonomian ini juga seperti bola salju yang akhirnya mempengaruhi daya masyarakat untuk memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya diberbagai jenjang pendidikan termasuk perguruan tinggi. Orang tua yang meninggal dunia karena terpapar Covid-19, kehilangan pekerjaan, bangkrutnya peluang usaha akibat pandemi ini membuat banyak dari mereka yang terancam untuk putus sekolah atau kuliah.

Beasiswa Mahasiswa Terdampak Covid-19 sebelumnya telah dibuka sebanyak 2 kali yakni pada Juli dan Desember 2020. Beasiswa yang diinisiasi oleh Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta ini telah memberikan bantuan pendidikan kepada 100 lebih mahasiswa UIN Jakarta tingkat S1, S2 dan pelajar tingkat SMA  di Papua. Bantuan beasiswa berasal dari donasi yang disalurkan oleh donatur kepada STF UIN Jakarta untuk Program Bantuan Mahasiswa Terdampak Covid-19.

Melihat besarnya kebutuhan akan bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang terdampak, oleh karena itu STF UIN Jakarta kembali membuka program beasiswa tersebut pada tahun ini. Antusiasme mahasiswa UIN Jakarta akan adanya Beasiswa Mahasiswa Terdampak Covid-19 pada Semester Ganjil tahun 2021 terlihat jelas, pendaftar beasiswa yang dibuka sejak 1-25 Juli 2021 terlihat ada 279 pendaftar beasiswa, dengan sebaran 24,7% atau setara dengan 70 mahasiswa berasal dari Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15,4% berasal dari Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 11,5% dari Fakultas Adab dan Humaniora, 9% dari Fakultas Syariah dan Hukum, 8,6% dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 8,2% dari Fakultas Ilmu Kesehatan, 7,9% dari Fakultas Sains dan Teknologi, 5.7% dari Fakultas Ushuluddin, 4,3% dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2,5% dari Fakultas Dirasat Islamiyah, 1,4% dari Fakultas Psikologi dan sisanya 0,7% dari Fakultas Kedokteran. Sebaran berdasarkan gender yakni 71,7% adalah perempuan, dan 28,3% adalah laki-laki. Mahasiswa tersebut berasal dari berbagai wilayah mulai dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Sumatera.

Kamu juga bisa bantu mereka: Donasi Kecil Berdampak Besar untuk Beasiswa Mahasiswa Terdampak Covid19

Berikut kami umumkan nama-nama mahasiswa yang lolos dalam seleksi berkas dari Beasiswa Mahasiswa Terdampak Covid-19. Sesi selanjutnya yang harus kamu lewati adalah wawancara yang akan dilakukan melalui zoom meeting atau google meet. Proses seleksi wawancara dilaksanakan pada hari Senin-Jumat 2-6 Agustus 2021 dimulai pukul 09.00 WIB. Untuk teknis lebih lanjutnya akan dihubungi via wa ke nomor calon penerima beasiswa yang telah didaftarkan dalam formulir pada hari Minggu, 01 Agustus 2021.

Beasiswa Mahasiswa Terdampak Covid19 Ganjil 2021 – Lolos Berkas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here