STF UIN Jakarta telah menggagas ruang diskusi BTC (Beyond The Classroom) sejak 2021 lalu dan masih terus diselenggarakan dan didengar denyut nadinya hingga kini. Salah satu dampak positif dari pandemi adalah lahirnya dimensi baru untuk berdiskusi dan belajar yaitu ruang daring (online) yang memungkinkan setiap orang untuk belajar dari mana saja, lintas jurusan, fakultas, universitas, bahkan negara. Ruang daring juga memungkinkan untuk belajar dan mendapat insight baru di mana saja, di rumah, di kamar dan dimanapun sebab rekaman kegiatan BTC bisa ditonton ulang di kanal Youtube Socialtrustfund UIN JKT.

Salah satu kelas yang telah dilaksanakan adalah kelas bertema “Strategi Lolos Beasiswa S2 & S3 LPDP & Fullbright” bersama Aziz Awaludin, M.Ed. yang merupakan penerima S2 LPDP dan S3 Fullbright di School of Education of Wisconsin-Madison, USA. Kelas ini berhasil dilaksanakan dan diikuti berbagai kalangan mulai dari siswa, mahasiswa, peneliti hingga dosen dari berbagai universitas selain UIN Jakarta. Perbedaan waktu 12 jam ternyata tidak mengurangi semangat narasumber dan peserta untuk mengikuti kelas ini.

Kelas BTC lainnya yang juga telah sukses diadakan adalah kelas tentang “Cerdas Bermedia Sosial dalam Keluarga”. Kelas ini diisi oleh Nurhablisyah, M.Si, dosen dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta sekaligus pemerhati Media dan

Keluarga. Saat ini, media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, bukan hanya anak, tapi banyak pula orang tua yang mulai terbuai dengan asiknya bermedia sosial. Tentu, penggunaan media sosial yang berlebihan dan tidak terkontrol dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi keharmonisan keluarga. Nurhablisyah memberikan empat (4) tips cerdas dalam bermedia sosial, yakni perkuat iman, pahami karakteri gawai dan medsos, patuhi aturan menggunakan medos, dan perbanyak waktu bersama keluarga. Nurhablisyah juga menekankan bahwa kehadiran media sosial harusnya tidak menjauhkan kita dengan keluarga apalagi sampai menghancurkan keluarga kita.

Selain kedua kelas di atas, masih banyak kelas lainnya dengan bidang keilmuwan yang beragam sehingga dapat memperluas pengetahuan dalam berbagai bidang, melintasi jurusan, fakultas bahkan universitas. Kelas-kelas tersebut dapat ditonton rekamannya di kanal Youtube Socialtrustfund UIN JKT. Tema kelas-kelas tersebut antara lain:

1. Strategi Lolos Beasiswa S2 & S3 LPDP & Fulbright – Aziz Awaludin, M.Ed.

2. Cerdas Bermedia Sosial dalam Keluarga – Nurhablisyah, M.Si.

3. Antropologi Kesehatan – Prof. Dr. Rusmin Tumanggur, M.A.

4. Stress Management di Masa Pandemi – Dr. Rena Latifa, M.Psi.

5. Wabah dalam Sastra Indonesia Modern – Ahmad Bahtiar, M.Hum.  

Penulis: Halimah/UINJKT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here