Kelompok KKN internasional UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang akan melakukan KKN di Kuala Lumpur, Malaysia menerima donasi buku gratis dari Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta pada Jum’at, 25 Agustus 2023.

Kelompok yang terdiri dari 18 orang tersebut berencana akan memberikan donasi buku dari STF kepada anak-anak Indonesia yang berada di Malaysia salah satunya adalah untuk mengenalkan budaya Indonesia. Selain itu, mereka juga ingin meningkatkan literasi anak-anak di sana.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari wawancara dengan perwakilan kelompok KKN internasional di Kuala Lumpur, Malaysia diketahui bahwa orang tua dari anak-anak Indonesia yang ada di Negeri Jiran tersebut adalah para imigran atau pekerja ilegal dan anak-anaknya belum mempunyai kewarganegaraan.

Kelompok KKN internasional mengungkap harapannya untuk meningkatkan literasi anak-anak Indonesia yang ada di Malaysia agar mereka bisa mendapatkan beasiswa dan kembali ke Indonesia.

“Kita pengen mereka tambah tahu tentang Indonesia dan kemampuan akademiknya bertambah supaya nanti bisa dapat ijazah atau beasiswa dan bisa kembali ke Indonesia,” harap Dewi, mahasiswi Ekonomi Pembangunan, perwakilan dari kelompok KKN internasional.

Kelompok KKN internasional sendiri akan melaksanakan KKN mulai 1 September-6 Oktober 2023 mendatang.

Sementara itu, untuk program pembagian buku kepada anak-anak Indonesia di Malaysia akan sesegera mungkin dilaksanakan. Nantinya buku-buku donasi gratis dari STF akan dibagikan ke setiap daerah mengikuti sanggar bimbingan.

Penulis: Farah Yuniar (FISIP/ Mahasiswa KKN in Campus)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here