Duka Ni Made Kristia Mayanti belum pudar. Perempuan warga Desa Tanalanto Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Selatan itu ditinggal wafat suami tercintanya, I Nyoman Andreas. Pada Minggu 21 April 2019 silam, motor Shogun tipe R 125 yang dikendarai Nyoman kehilangan kendali di di jalan Trans Sulawesi Dusun I Torue kec Torue Kab Parigi Mountong. Hari mulai gelap, sekitar pukul 19.00 WITA. Nahas, kendaraan roda dua bernomor polisi DN 4142 KU itu jatuh hingga menyebabkan I Nyoman Andreas meninggal dunia.

Bagi Ni Made Kristia, Nyoman adalah suami bertanggung jawab. Sebagai satu-satunya tulang punggung keluarga, nyoman bekerja sebagai sopir truk yang saban hari memuat material. Ia pun mencari pemasukan tambahan dengan membuka usaha cetak batako di rumahnya. Kepergian Nyoman pun mengguncang perekonomian keluarga.

Dukanya terobati mengingat suaminya menjadi nasabah program Bungksesmas di Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Gotong Royong. Suaminya sadar bahwa sewaktu-waktu bisa terjadi musibah dalam keluarganya. Karena itulah Nyoman mendafftar Bungkesmas dan membayar RP 100.000 per tahun. “Kalau di rawat di rumah sakit kan bisa ada santunan. Kalau kecelakaan juga,” Kata Ni Made Kristia menirukan ucapan suaminya saat mendaftar Bungkesmas.

Malangnya, Nyoman wafat dalam kecelakaan. Selang beberapa minggu setelah wafatnya sang suami, Ni Made Kristia segera mengajukan klaim kepada KSP Gotong Royong sebagai mitra Bungkesmas. Luka batin Ni Made Kristia pun terobati ketika pada Jumat 5 Juli 2019 lalu ia dikunjungi mitra Bungkesmas di rumahnya. Sebagai ahli waris, Ni Made Kristia menerima uang santunan senilai Rp 20 juta. “Rencananya, santunan yang saya terima dari Bungkesmas ini akan digunakan untuk modal melanjutkan usaha cetak batako. Itu amanah suami saya,” tuturnya.

Salah satu anggota KSP Gotong Royong mengatakan pengajuan klaim yang diajukan pihaknya sangat cepat prosesnya. Pihaknya sangat terbantu dengan adanya program Bungkesmas, karena sangat membantu keluarga dari anggotanya tersebut.

Bungkesmas – Menenangkan Hati Lebih Mandiri
.
📱 0877-7713-8393
✉ Bungkesmas@uinjkt.ac.id
🌐 www.bungkesmas.org
📺 Instagram @bungkesmas_stfuinjkt2016

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here