STF UIN Jakarta dan AMAN Asia seusai rapat, dari kiri ke kanan Ishak (AMAN Bangkok), Ruby Kholifah (Sekjen AMAN Asia), Prof. Dr. Azyumardi Azra MA, CBE (Dewan Penasehat STF sekaligus Presiden AMAN Indonesia), Abdus Sabur (Anggota Dewan Penasihat AMAN), Dr. Amelia Fauzia, MA (Direktur STF UIN Jakarta dan Wakil Presiden AMAN Indonesia), dan Fikri Pido (AMAN Representative Indonesia).

JAKARTA – Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta dan Pengurus inti Asian Muslim Action Network (AMAN) – Asia berkolaborasi untuk adakan pelatihan bina damai di masa mendatang. Keputusan ini tercapai setelah diskusi antar kedua lembaga terjadi pada Jumat (14/09) siang di ruang kerja Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA, CBE, Dewan Pembina STF UIN Jakarta sekaligus Presiden AMAN Indonesia.

Disampaikan oleh Direktur STF UIN Jakarta Dr. Amelia Fauzia, MA, “Rapat santai ini membincang rencana pelaksanaan pelatihan peacebuilding yang akan diadakan pada bulan Oktober 2019.” Selain itu, pertemuan ini pun membahas beberapa agenda ke depan seperti, AMAN Assembly yang dihadiri anggota-anggota AMAN di berbagai belahan dunia.

Diskusi ini spontan terlaksana tanpa ada persiapan sebelumnya. Kedatangan Anggota Dewan Penasehat AMAN Asia, Abdus Sabur dan AMAN Representatif Bangkok, Ishak pada awalnya hanya mengikuti konferensi ilmiah di Yogyakarta. “Pertemuan ini mendadak karena memang kebetulan ada perwakilan AMAN Bangkok yang sedang main ke Indonesia”, ujar Dr. Amelia.

AMAN sendiri merupakan organisasi lintas iman yang bergerak di bidang kemanusiaan. Cabangnya dapat dijumpai di berbagai negara seperti Indonesia, Filipina, Myanmar, Bangladesh, dan India. Saat ini, terhitung dari 2017, agenda utama AMAN adalah mereformasi pendidikan Islam di berbagai negara di Asia, setelah sebelumnya hanya fokus pada isu pembangunan berkelanjutan, respon tanggap darurat, dan bantuan kemanusiaan. (EAG).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here