Hadir di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Sammy Chapman, mahasiswi dari School of Humanities and Social Sciences, University of New South Wales (UNSW), Australia dengan murah hati membagikan cerita tentang keseharian, tugas perkuliahan serta tantangannya sebagai mahasiswi Australia dalam program Open Minds: A Public Discussion Series Chapter August dengan tajuk Menjadi Mahasiswa di Australia: Tugas-tugas hingga Tantangannya yang diadakan oleh Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa S1 dan S2 berbagai jurusan dari UIN Jakarta.

Sammy, mahasiswi strata 1 jurusan Indonesia di bawah bimbingan Monako Sakai Ph.D mengunjungi beberapa kota di Indonesia, termasuk Jakarta selama satu minggu. Ia menceritakan kepada peserta yang hadir dalam kegiatan diskusi, untuk menjadi mahasiswi di Australia satu hal yang penting adalah avoid plagiarism atau menghindari kegiatan plagiat dalam penyusunan tugas, karya dan lain sebagainya.

Pembicara lainnya, Dr. Amelia Fauzia, MA selaku Ketua Program Magister Sejarah Peradaban  Islam UIN Jakarta, Direktur STF UIN Jakarta, dan Research Fellow di UNSW Australia menjadikan sesi diskusi semakin menarik. Berdasarkan pengalamannya yang pernah menempuh studi S3 di Australia, satu hal yang paling perlu diperhatikan adalah dalam mengerjakan tugas kuliah. Meskipun tugas-tugas perkuliahan hampir sama dengan tugas di perkuliahan di Indonesia. “Kuncinya harus betul-betul memperhatikan detail instruksi yang diberikan oleh dosen,” jelasnya, Senin 5 Agustus 2019 di Ruang Kelas Lantai 1, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), UIN Jakarta.

Pada kegiatan tersebut, Khairina hadir sebagai peserta. Ia merasa wawasannya menjadi lebih terbuka seputar studi di Australia. “Karena aku ingin melanjutkan studiku di luar negeri, pengalaman Sammy seorang penduduk asli Australia dan Bu Amelia Fauzia dari Indonesia memberikan gambaran yang lengkap dan jelas apa saja sih yang harus disiapkan dan dilakukan ketika berkuliah di Universitas Australia. Aku jadi merasa harus lebih baik lagi persiapannya.” Ujar Khairina, mahasiswi UIN Jakarta.

For Your Information kegiatan Open Minds: A Public Discussion akan kembali diadakan. Jadi untuk kamu yang mau ikutan kegiatan ini, biar ngga ketinggalan infonya, follow instagram STF UIN Jakarta @stfuinjakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here