Nama besar Prof. Dr. Azyumardi Azra, CBE sebagai salah satu Intelektual Muslim dan tokoh pembaharu Islam di Indonesia sudah diakui secara nasional dan Internasional. Bertepatan dengan ulang tahunnya ke 65 tahun, beliau meluncurkan delapan buku bertemakan Politik Global dengan Islam Wasathiyah, Mencegah Terorisme dan Ektrimisme pada Rabu, 4 Maret 2020 di Perpustakaan Nasional Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan tersebut, Azyumardi Azra secara resmi juga meluncurkan ‘Professor Azyumardi Azra Scholarships’ (PAAS) melalui Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Semangat dari PAAS (red: Professor Azyumardi Azra Scholarships) ini adalah melahirkan inteleketual muslim baru sekaligus sejarawan yang terus bisa menyemaikan nilai-nilai yang ditularkan Prof. Azyumardi,” terang Direktur STF UIN Jakarta, Prof. Dr. Amelia Fauzia.

Beberapa lembaga filantropi Islam ikut urun rembug menggawangi program beasiswa ini. Lazis Muhammadiyah yang diwakili oleh Direktur Operasional Edi Suryanto dan Dompet Dhuafa oleh Direktur Eksekutif drg. Imam Rulyawan, MARS, bersama-sama STF UIN Jakarta mengawal program ini.

Inisiasi PAAS ini sendiri muncul dari STF UIN Jakarta yang merupakan sebuah lembaga sosial kemanusiaan UIN Jakarta. Prof. Amelia melanjutkan bahwa inisiasi ini sejalan dengan distingsi STF yang bergelut dalam bidang pendidikan, riset, advokasi dan endowment. “Mengabdikan nama Azyumardi Azra sebagai sebuah program beasiswa sehingga dapat menghadirkan para ilmuan dengan nilai-nilai universalisme Islam di tengah-tengah kemanusiaan kita,” ujar Prof. Amelia saat ditemui usai acara.

Informasi beasiswa sudah ditayangkan di website STF UIN dan ditutup pada 29 Februari 2020. Seleksi beasiswa dilakukan oleh tim STF dan Prof Azyumardi. Berikut nama penerima PAAS untuk Maret 2020 beserta topik penelitian yang dilakukan: Akhmad Yusuf, Praktik Filantropi Komunitas Arab di Batavia tahun 1900-1945, Sholahuddin Al Ayyubi: Perang Dagang Orang Arab dan Orang Tionghoa di Batavia Abad Ke-19, dan Endi Aulia Garadian: Negara, Feodalis, dan Masyarakat Sipil: Kas Masjid dalam pusaran Otoritas, 1882-1942.

Penerima manfaat utama dari PAAS ini adalah Prodi Magister SKI di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta. Beasiswa terbuka khususnya untuk mahasiswa Prodi Magister SKI FAH, mahasiswa SPS UIN Jakarta, dan Prodi Sejarah di lingkungan PTKIN dan PT lain. Beasiswa bisa merupakan uang kuliah (satu semester) atau dana penelitian tesis.

Dalam rangka memperbesar jangkauan beasiswa ini, STF UIN Jakarta membuka kesempatan terbuka bagi para professor dan akademisi yang menjadi kolega maupun murid-murid Prof. Azyumardi Azra, CBE yang memiliki konsen untuk penguatan kajian sejarah Islam untuk berkontribusi membesarkan program beasiswa ini.

STF juga mengundang lembaga serta siapapun yang peduli pendidikan dan penguatan sejarah Islam wasatiyah untuk mendukung program beasiswa ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here