Rabu, 9 September 2020. Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah secara resmi menyerahkan 44 “Beasiswa bagi Mahasiswa yang Terdampak Covid-19” dari total 387 pendaftar. Sebagian besar dari mereka orang tuanya terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun dirumahkan. Lainnya, ada yang berkurangnya omset pendapatan sebagai ojek online, tidak adanya panggilan proyek sebagai buruh bangunan dan yang memiliki usaha kecil-kecilan seperti berjualan di sekitar objek wisata juga terkena imbas karena sepinya pengunjung.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat 3,5 juta lebih jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun dirumahkan berdasarkan data yang himpun sampai 31 Juli 2020 lalu, tentunya jumlahnya sangat mungkin bertambah. Mahasiswa yang masih menggantungkan biaya pendidikan dari kedua orang tua tentu merasa sangat terdampak. Mereka ada yang merencanakan untuk cuti kuliah bahkan putus kuliah.

Direktur STF UIN Jakarta Prof. Dr. Amelia Fauzia, MA mengungkapkan beasiswa yang disalurkan ini merupakan amanah yang dititipkan oleh para donatur STF UIN Jakarta pada program Donasi Melawan Covid-19. Total bantuan yang telah dihimpun STF UIN Jakarta sejak Maret – Agustus 2020 senilai Rp681.793.697,- dan sejumlah makanan serta alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan handsanitizer. Sebelumnya telah disalurkan senilai Rp496.598.200,- dalam bentuk sejumlah 22.191 porsi makanan jadi untuk para mahasiswa rantau yang menetap di sekitar kampus selama masa lockdown, 1.482 paket sembako untuk mahasiswa, OB dan karyawan, 64 kuota internet untuk membantu pembelajaran daring, serta ratusan masker dan handsanitizer.

Prof. Amelia mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur yang telah mempercayakan donasinya kepada STF UIN Jakarta. “Di saat pandemi seperti ini filantropi sangat membantu banyak kalangan, dan khususnya para mahasiswa yang mana mereka butuh dukungan agar bisa terus melanjutkan pendidikan. Kami mengucapkan terimakasih kepada UIN Jakarta, para donatur perorangan, kelompok maupun perusahaan yang sudah menitipkan donasinya melalui STF UIN Jakarta,” ungkapnya.

Disaksikan pula oleh Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, MA yang terus memberikan dukungan bagi mahasiswa untuk lebih giat belajar terlebih dengan adanya beasiswa. “Terutama bagi para mahasiswa yang di semester IX, UIN Jakarta sendiri telah memberikan bantuan berupa potongan biaya pendidikan senilai 25%. Kami berharap kalian bisa segera menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah. Agar ilmunya bisa cepat disalurkan dan dapat membantu perekonomian keluarga.”

Acara penyerahan beasiswa disaksikan oleh Rektor UIN Jakarta 1998 – 2006 Prof. Dr. Azyumardi Azra, MA., CBE, Anggota DPR RI Dr. Tb. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si, dan sekaligus ditutup dengan Public Lecture oleh Ketua Lazis Muhammadiyah Prof. Hilman Latief, MA., Ph.D bertemakan Filantropi untuk Kemajuan Pendidikan Bangsa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here