Potensi filantropi yang tinggi perlu dimanfaatkan guna membantu pengembangan perguruan tinggi. Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Amany Lubis, MA mengatakan hal ini sudah dilakukan lebih dulu oleh universitas-universitas kelas dunia seperti Al-Azhar University di Kairo Mesir dan Mc Gill University di Montreal Kanada.

Rektor UIN Jakarta Prof Amany menceritakan Al Azhar University yang juga merupakan alamamaternya, pada suatu masa dana kampus Al-Azhar pernah lebih kaya dari negara. “Itulah bentuk dari zakat dan wakaf produktif, Al-Azhar dan rakyat mesir tidak asing lagi untuk mengembangkan ziswaf secara umum bagi kepentingan banyak orang,” ujarnya saat membuka acara Webinar Social Trust Fund: Optimalisasi Zakat dan Kontribusi Zakat Wakaf di Lingkungan Perguruan Tinggi.

Selain itu Prof Amany juga menjelaskan satu kampus kelas dunia lagi seperti halnya Mc Gill University yang berada di Canada. Di sana banyak sekali bangunan-bangunan yang dihunakan untuk kegiatan akademik mahasiswa, dan bangunan itu merupakan donasi dan diwakafkan guna kepentingan kampus.

“Sehingga potensi yang amat besar bagi umat Islam untuk mengembangkan ziswaf yang kuat sekali. Baik itu di perguruan tinggi negeri maupun swasta khususnya UIN,” harapnya. Oleh karenanya, adanya Lembaga STF UIN Jakarta ini menurut Prof Amany, perlu didukung dengan baik agar bisa berkembang seperti kampus-kampus yang sebelumnya telah disebutkan.

Rektor UIN Jakarta Prof. Amany memberikan sambutan secara online pada acara STF Webinar Series VII: Optimalisasi dan Kontribusi Zakat Wakaf di Lingkungan Perguruan Tinggi pada Rabu, 27 Januari 2021. Muhammad Zuhdi, Ph.D selaku Wakil Direktur STF UIN Jakarta membuka acara tersebut. Hadir sebagai narasumber Bambang Suherman selaku Ketua Umum Forum Zakat, Dr. H. Tarmizi, MA selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Azyumardai Azra, MA., CBE selaku Cendikiawan Muslim, dan M. Kamal Muzzaki selaku Direktur Rumah Amal Salman. Dr. Moch Syarif Hidayatullah., M.A hadir untuk memandu acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here