Pandemi Covid-19 yang hampir satu tahun melanda Indonesia bahkan dunia berangsur-angsur sejak awal tahun 2020. Hal ini kemudian membuat Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapat mandat yang lebih besar dari Rektor UIN Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, M.A, civitas akademika UIN Jakarta dan masyarakat luas untuk membantu mahasiswa dan orang-orang yang berada di lingkungan UIN Jakarta.

Terhitung telah disalurkan bantuan dari STF UIN Jakarta sejumlah 25.009 berupa 22.191 makanan jadi, 1.482 paket sembako, 141 masker dan handglove, 3 handsanitizer ukuran 500ml, 300 handsanitizer ukuran 60ml, 828 peserta webinar yang teredukasi, 64 kuota internet untuk mahasiswa yang akan melaksanakan ujian akhir, dan lebih dari 50 mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa tingkat S1.

Muhammad Zuhdi, Ph.D selaku Wakil Direktur STF UIN Jakarta menjelaskan, “STF UIN tidak hanya responsif memenuhi kebutuhan mahasiswa yang saat itu membutuhkan bantuan logistik, tetapi juga melakukan inisiasi jangka panjang untuk memberikan alokasi dengan bantuan Beasiswa bagi Mahasiswa Terdampak Covid-19.”

Zuhdi menambahkan, saat pandemi Covid-19 STF UIN Jakarta berhasil menghimpun dana masyarakat dan dana sosial dari korporasi lebih dari 700 juta rupiah. Oleh karenanya, STF UIN Jakarta perlu mengembangkan terus usahanya tidak hanya fokus pada penghimpunan dan penyaluran infaq serta sodaqoh saja, namun banyaknya amanah luar kampus yang berasal dari simpatisan yang ingin menyampaikan amanah melalui STF UIN sehingga membuka jalan untuk penyaluran zakat dan wakaf. “Allhamdulillah STF UIN juga telah mendapatkan amanah sebelumnya berupa tanah wakaf yang kami butuhkan sekarang adalah pengelolaannya.” Ujarnya.

Saat ini Zuhdi juga ikut senang dengan banyaknya permintaan dari perguruan tinggi Islam dari berbagai daerah di Indonesia yang ingin melihat bagaimana cara kerja STF UIN Jakarta. Berbagai bentuk kerjasama seperti studi banding, webinar serta MoU yang menunjukan minat dan potensi pengembangan zakat dan wakaf pada filantropi sangat tinggi. “Sehingga denggan adanya forum webinar saat ini, bisa menggali bagaimana pengelolaan zakat dan wakaf di perguruan tingi yang bisa maksimal dan bermanfaat bagi banyak pihak,” ujar Zuhdi.

Muhammad Zuhdi memberikan sambutan secara online pada acara STF Webinar Series VII: Optimalisasi dan Kontribusi Zakat Wakaf di Lingkungan Perguruan Tinggi pada Rabu, 27 Januari 2021. Prof. Dr. Amany Lubis, MA  selaku Rektor UIN Jakarta juga hadir untuk membuka acara tersebut. Hadir sebagai narasumber Bambang Suherman selaku Ketua Umum Forum Zakat, Dr. H. Tarmizi, MA selaku Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Azyumardai Azra, MA., CBE selaku Cendikiawan Muslim, dan M. Kamal Muzzaki selaku Direktur Rumah Amal Salman. Dr. Moch Syarif Hidayatullah., M.A hadir untuk memandu acara tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here