STF NEWS (4/11) – Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta memiliki wakaf atas sebidang tanah yang berlokasi di di Jln. Intan I, RT 01/03, Desa Cidokom, Kec. Gn. Sindur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Tanah tersebut dimanfaatkan untuk Rumah Wakaf Wirausaha Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (CERCONDESO). Pada September lalu, STF telah meresmikan Musholla Solidarity yang dalam proses pembangunannya melibatkan volunteer internasional yang tergabung dalam organisasi CA.UK.IN Studio. Tampak potret terbaru Musholla Solidarity yang kini digunakan untuk kegiatan Taman Baca.

Program Taman Baca CERCONDESO mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat dan anak-anak desa Cidokom, karena kegiatan tersebut sudah berjalan sejak tahun 2018. Taman baca adalah salah satu program rutin yang dilakukan setiap akhir pekan bagi anak-anak sekitar. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 09.00 – 12.00 WIB diawali dengan senam pagi, kemudian diselingi dengan ice breaking, dan dilanjut dengan materi yang diberikan oleh volunteer yang kebanyakan dari mereka merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Jakarta.

Setiap minggunya, ada sekitar 17-40 anak turut meramaikan kegiatan Taman Baca, usianya pun beragam mulai dari balita bahkan sampai anak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Antusias anak-anak juga terlihat dengan semangat kedatangan mereka yang hadir ke tempat sebelum waktu yang ditentukan.

Kegiatan Taman Baca CERCONDESO tersebut mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat sekitar, pungkas Anjas Saputra, koordinator volunteer CERCONDESO. “Tanggapan para orang tua sangat baik, sambutannya pun hangat sekali ketika kami membuka kegiatan Taman Baca CERCONDESO kembali, karena memang sebelumnya sempat vacum untuk waktu yang cukup lama. Sekarang kami mulai kembali dan Alhamdulillah antusias warga setempat sangat tinggi dan mendukung”, tuturnya. Selain sebagai tempat bermain, kegiatan ini juga memanfaatkan hari libur anak-anak untuk menambah teman dan pengetahuan. Kegiatan ini juga mendukung program pemerintah untuk meningkatkan minat literasi sejak usia dini dan menghindari kecanduan gadget pada anak saat hari libur. Berikut potret keseruan kegiatan taman baca cercondeso.

Taman Baca CERCONDESO tidak hanya memberikan manfaat bagi partisipan, tetapi juga bagi fasilitator. Bagi anak-anak, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi dalam membaca, menumbuhkan kreatifitas, belajar calistung (membaca, menulis, dan menghitung), dan untuk membantu pencapaian anak disekolahnya masing-masing. Kemudian bagi volunteer pengisi materi juga mendapat banyak manfaat. Mereka mendapatkan pengetahuan, wawasan, serta relasi pertemanan. Tak hanya itu, aktif sebagai volunteer diusia muda juga dapat menambah kemampuan softskill dan personal branding yang nantinya dapat menambah daftar pengalaman di CV.

Penulis: Susiana Nur Sa’adatur Rochmah, FAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here