Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta sukses melaksanakan “Kelas Digital Marketing untuk Pelaku UMKM di Desa Cidokom dan Sekitarnya” di hari pertama dengan materi Literasi Keuangan dan Buku Kas pada Sabtu, 12 Agustus 2023. Bertempat di Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (CERCONDESO) Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kewirausahaan Sosial, acara dimulai pada pukul 09.30 WIB dan diawali dengan sambutan dari Sri Hidayati, M.Ed selaku ketua pelaksana.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memaksimalkan potensi para pelaku UMKM, dalam hal ini dibantu oleh para mahasiswa UIN Jakarta yang sedang melaksanakan kegiatan KKN in Campus. Para mahasiswa nantinya akan mendampingi para Ibu-ibu pelaku UMKM dalam proses pelatihan kelas digital marketing yang akan dilakukan selama 3x pertemuan dalam 1 bulan ini dengan tema yang berbeda setiap pertemuannya.

Sri Hidayati, M.Ed dalam sambutannya memotivasi para peserta untuk terus berkreasi dan berinovasi dalam mengembangkan usaha mereka khususnya dalam pengelolaan keuangan. Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Dwi Nur’aini Ihsan, S.E., M.M., IFP, QWP mengenai pentingnya literasi keuangan bagi pelaku UMKM.

Dalam pemaparannya Dwi Nur’aini Ihsan selaku pemateri mengajak para peserta untuk memahami bagaimana mengelola keuangan dengan bijak guna melihat apakah usaha yang dijalankan sedang mengalami kerugian atau keuntungan. Selain itu, ia juga mencoba menghilangkan persepsi negatif terkait kesulitan dalam mengelola keuangan dengan memberikan pandangan yang lebih positif dan solusi-solusi praktis.

Setelah materi disampaikan, peserta diarahkan pada sesi latihan pencatatan keuangan. Para peserta yang merupakan ibu-ibu pelaku UMKM diajak untuk memahami pentingnya pemisahan pengeluaran pribadi dan bisnis serta pentingnya sifat disiplin dan detail dalam mencatat setiap transaksi keuangan.

Selama sesi ini, peserta diajak berinteraksi dan berlatih mencatat keuangan di buku kas sehingga mereka dapat memahami secara langsung cara melakukan pencatatan yang akurat. Peserta juga dilatih untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan serta analisis dalam mengatur keuangan.

Diakhir acara para peserta diingatkan kembali mengenai tujuan dari mengelola keuangan usaha dan pentingnya langkah-langkah yang telah dipelajari selama acara. Lalu acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Penulis : Farah Yuniar/FISIP/Mahasiswa KKN in Campus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here