Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta kembali melaksanakan “Kelas Digital Marketing untuk Pelaku UMKM di Desa Cidokom dan Sekitarnya” pada Minggu, 13 Agustus 2023. Materi yang akan dibahas pada pertemuan kedua ini adalah mengenai Visualisasi Produk yang dibawakan oleh Kasyfiyullah, M.Si.

Di dunia yang sudah serba digital seperti saat ini, pemasaran secara online akan menjadi peluang besar bagi para pengusaha untuk memperluas pasarnya. Dalam melakukan pemasaran produk secara online sangat diperlukan foto produk yang menarik bagi para konsumen atau masyarakat.

Dalam membuat foto produk informasi-informasi yang akan disampaikan di dalam foto harus dapat menjelaskan sedetail mungkin segala informasi yang ingin disampaikan tetapi dengan foto yang sesederhana mungkin. Salah satu fungsi utama visualisasi produk sendiri adalah untuk meringkas segala informasi yang ingin disampaikan, memunculkan ketertarikan serta menyampaikan informasi dengan baik.

Oleh karena itu, materi mengenai visualisasi produk sangat penting untuk dibahas dalam acara pelatihan ini. Para peserta diberikan berbagai tips mulai dari pencahayaan dalam mengambil gambar produk, tips memilih warna, tips menentukan background, hingga tips sudut foto (angle) foto dalam mengambil gambar produk.

Peserta juga sangat antusias dalam mengikuti acara pemberdayaan ini. Mereka mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber dengan seksama, aktif dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari narasumber, serta bersemangat ketika mengikuti simulasi dalam membuat foto produk. Mereka pun terlihat sangat puas dengan contoh foto produk yang mereka hasilkan dari sesi simulasi yang ada.

Kebanyakan dari para peserta yang merupakan ibu-ibu sudah banyak yang mengerti dan dapat membuat konsep sederhana terkait foto produk yang ingin dihasilkan. Namun, yang menjadi permasalahan adalah beberapa dari mereka tidak memiliki partner untuk membantu mengambil foto produk ketika di rumah dan tidak memiliki banyak ide untuk menentukan konsep dalam melakukan visualisasi produk.

Melalui kegiatan pelatihan kelas digital marketing terkait visualisasi produk ini diharapkan para peserta mampu menemukan banyak ide mengenai bagaimana cara membuat foto produk yang sederhana dengan handphone yang dimiliki, namun memiliki nilai visual yang tinggi. Tidak hanya itu, harapannya dengan adanya pelatihan ini para peserta dapat menemukan referensi yang tepat dalam menentukan konsep yang ingin digunakan.

Penulis: Farah Yuniar/FISIP/Mahasiswa KKN in Campus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here