Hari ketiga pelaksanaan “Kelas Digital Marketing Pelaku UMKM di Desa Cidokom dan Sekitarnya” yang diadakan oleh Social Trust Fund (STF) ditutup dengan antusiasme para warga yang menjadi peserta. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin, 21 Agustus 2023 tersebut menjadi sesi terakhir dari rangkaian “Kelas Digital Marketing Pelaku UMKM di Desa Cidokom dan Sekitarnya” yang sebelumnya telah dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Agustus 2023.

Digital Marketing, Sosial Media, dan Market Place adalah materi yang menjadi inti dalam pembahasan pertemuan ketiga ini. Materi disampaikan oleh Ibu Cut Erika Ananda Fatimah, S.E., M.B.A. selaku dosen Fakuktas Ekonomi Bisnis (FEB) UIN Jakarta.

Pemaparan materi diawali dengan penjelasan mengenai branding atau ciri khas yang dimiliki oleh para sosok terkenal di media sosial. Ciri khas menjadi penting dalam menjual sebuah konten. Dalam membuat konten, content planner juga tak kalah pentingnya sehingga konten dapat dibuat secara sistematis dan teratur.

Para peserta kemudian diberikan tips untuk membuat caption yang menarik pembeli, yaitu dengan mencantumkan tagar atau hashtag yang relevan dan terkenal sehingga ketika user Instagram mencari tagar tersebut akan muncul produk yang dijual oleh peserta.

Setelah pemaparan materi selesai acara dilanjutkan dengan sesi sharing. Para peserta yang berhasil berjualan melalui media sosial Instagram dan TikTok Shop diajak untuk sharing pengalaman mereka agar dapat menginspirasi serta menambah semangat peserta yang lainnya.

Selanjutnya para peserta dibantu oleh fasilitator dari mahasiswa KKN in Campus dan KKN Reguler mempraktekkan membuat akun Instagram bisnis dengan tujuan untuk memisahkan hal privasi dan hal publik. Selain itu, memisahkan akun Instagram pribadi dengan akun Instagram bisnis juga bertujuan untuk mengantisipasi kejahatan.

Para peserta disarankan untuk mempublikasikan akun Instagram bisnis mereka agar diketahui banyak orang.

Salah satu kendala yang dimiliki oleh para peserta dalam pertemuan ketiga ini adalah beberapa peserta kerap lupa kata sandi akun Instagram mereka sehingga satu peserta bisa memiliki banyak akun Instagram.

Acara kemudian diakhiri dengan membuat video TikTok bersama, foto masing-masing peserta dengan menunjukkan akun Instagram bisnis mereka, dan sesi foto bersama.

Penulis: Farah Yuniar/FISIP/Mahasiswa KKN In Campus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here