Pabuaran, 14 Agustus 2023– Pojok Baca, sebuah inisiatif untuk mendorong minat baca pada anak-anak. Kelompok KKN 100 UIN Jakarta mendapat dukungan kuat dari Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta. Pojok Baca telah menjadi magnet bagi anak-anak yang semakin antusias untuk mengeksplorasi dunia literasi.

Pojok Baca, yang terletak di Desa Pabuaran, adalah sebuah ruang yang didesain khusus untuk menciptakan lingkungan yang nyaman dan menarik bagi anak-anak untuk membaca dan belajar. Dengan rak-rak buku penuh warna, perabotan yang ramah anak, dan suasana yang ramai dengan warna-warni cerita, tempat ini telah menjadi surga bagi minat baca anak-anak.

Salah satu faktor utama yang membuat Pojok Baca begitu menarik adalah dukungan dari STF UIN Jakarta. STF sebagai Lembaga sosial kemanusiaan yang juga memiliki kepekaan terhadap perkembangan Pendidikan di Indonesia, turut berperan aktif dan menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan usia anak-anak. Melalui kelompok KKN 100 UIN Jakarta inilah STF berharap dapat memberikan insight bagi anak-anak melalui buku-buku yang telah disalurkan.

Pak Mad Aidin selaku Tokoh Adat Desa Pabuaran, berbicara tentang pentingnya mendukung minat baca anak-anak: “Pendidikan bukan hanya tentang pelajaran di sekolah, tetapi juga tentang membentuk karakter dan kecintaan terhadap belajar sepanjang hayat. Pojok Baca adalah usaha kami untuk menciptakan generasi yang mencintai ilmu pengetahuan dan pembelajaran.”

Tidak hanya menyediakan bahan bacaan, Pojok Baca juga mengadakan berbagai kegiatan menarik, seperti sesi dongeng, permainan kata, dan pertunjukan teater pendek. Semua kegiatan ini dirancang untuk tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan nilai tambah bagi anak-anak dalam hal kreativitas, pemahaman, dan berbicara di depan umum.

Tanggapan positif dari orangtua dan guru juga memberikan dorongan bagi Pojok Baca. Ibu Mirabela Abidah, salah satu orang tua yang juga mengunjungi tempat ini bersama anaknya, berbagi pengalaman: “Saya sangat senang melihat anak saya begitu antusias membaca di Pojok Baca. Ini adalah tempat yang sempurna untuk membangkitkan minat baca mereka.”

Pojok Baca adalah salah satu program kerja KKN 100 UIN Jakarta yang mendapat dukungan dari STF UIN Jakarta telah membawa semangat baru dalam upaya meningkatkan minat baca anak-anak. Diharapkan bahwa upaya seperti ini akan terus berkembang dan memberikan dampak positif dalam membentuk generasi yang gemar membaca dan penuh dengan keingintahuan.

Penulis : Wiwit Purwoedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here