Rabu, 27 September 2023, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UIN Jakarta bekerja sama dengan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta, Indonesia Philanthropy Association (FI), Zakat Forum (FOZ), Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta, Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam (MSKI) Fakultas Adab dan Humaniora UIN Jakarta dan Center for Islamic Economic and Finance Development Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta, mengadakan Seminar dengan tema “Globalizing Philanthropy“. Dengan mengundang pembicara Kathleen McCarthy (Profesor, Graduate Center, City University of New York – CUNY), Dia adalah seorang sejarawan terkemuka dalam studi filantropi dan pendukung kemajuan yayasan masyarakat serta filantropi perempuan.

Seminar ini berlangsung secara daring dan luring yang bertempat di Ruang Teater 2 Gedung Pascsarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan zoom meeting.

Tampak beberapa tokoh dan pembicara dalam seminar ini yaitu: Prof Dr. Amelia Fauzia, M.A selaku Kepala LP2M dan Direktur STF UIN Jakarta dan selaku pembicara, Prof Kathleen D. McCarthy, Ph.D., Professor Graduate Center, City University of New York – CUNY selaku pembicara, serta Haryo Mojopahit, M.S. selaku moderator. 

Seminar ini dibuka oleh Master of Ceremony, kemudian dilanjutkan dengan opening speech yang disampaikan oleh

Dr. Erika Amelia, S.E., M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta. Beliau menyampaikan harapan agar seminar ini dapat bermanfaat untuk mahasiswa dan semua yg mendengarkannya. 

Acara inti dimoderatori oleh Haryo Mojopahit, M.S. dan dilanjutkan dengan penyampaian materi seminar oleh Prof Kathleen D. McCarthy, Ph.D., yang menyampaikan bagaimana community foundation tumbuh serta berkembang secara masif di Amerika. Dalam kesempatan ini, Prof Kathleen memberikan pemahaman baru bahwa di Amerika tidak hanya ada privat foundation, namun juga community foundation bahkan memiliki jumlah lebih banyak daripada privat foundation. Mereka fokus pada pemberdayaan komunitas yaitu dari komunitas, oleh komunitas, dan untuk komunitas. Beberapa karakteristiknya yaitu: 1. Lokal, 2. Berada di letak geografis tertentu, 3. Donor dari anggota komunitas, 4. Berbasis komunitas dan fokus membantu komunitas, 5. Memberikan dana hibah, dan melakukan pengelolaan dana program sendiri, 7. Hybrid models: Eastern Europe yang mengandung nilai-nilai sosialisme dan komunisme, 7. Hybrid models: Latin Amerika, ada pengaruh budaya latin Amerika  yang menganggap bahwa agama menjadi hal yang penting. Adapun agama utama adalah agama Katolik 8. Community Focus Model, yaitu memperjuangkan social justice.

Pembahasan yang menarik dari pemaparan dari Prof Kathleen adalah, tradisi lokal atau kedermawanan masyarakat menjadi pengaruh pada keberhasilan community foundation.

Pembicara kedua yaitu Prof Dr. Amelia Fauzia, M.A., menyampaikan empat tipe filantropi di Indonesia yaitu family foundation, corporate foundation, independent foundation, dan religius foundation. Adapun religius foundation merupakan lembaga filantropi dengan penggunaan dana terbesar, yakni menyumbang 77,7% dari total penyaluran. Terdapat peningkatan pemanfaatan dana filantropi Islam dari tahun 2018 hingga tahun 2019.

Dalam kesempatan ini, Prof Dr. Amelia Fauzia, M.A., memperkenalkan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta sebagai salah satu satu community foundation yang ada di Indonesia. STF berdiri sejak tahun 2012 yang memiliki empat pilar program yang difokuskan, yaitu; Charity (Amal), Advocacy (Advokasi), Research (Riset), dan Endowment (Wakaf). Selain itu, disampaikan juga beberapa program dari STF UIN Jakarta, yaitu program beasiswa perdamaian untuk pelajar muslim dan kristen di Poso dan Papua yang menjadi jembatan mempertemukan dua komunitas berbeda agama (retail fundraising), STF membuat video untuk advokasi, filantropi inklusif, salah satunya eksperimen pada panti asuhan Muslim & Kristen (Australia Award Grant), Pelatihan penggalangan dana filantropi inklusif (UNDP), Membangun Musholla Solidaritas bersama relawan internasional dari CAUKIN Studio dan Relawan lokal Indonesia. 

Lebih jauh, dalam seminar ini juga mendiskusikan tentang tren dan dampak globalisasi filantropi terhadap gerakan filantropi lokal, filantropi berbasis agama dalam proses filantropi global, serta identifikasi model kegiatan filantropi yang berkembang di Amerika dan Indonesia.

Diharapkan seminar ini dapat memberikan pengetahuan tentang meningkatnya fenomena globalisasi filantropi, memahami model organisasi filantropi yang berkembang di Amerika dan Indonesia, serta meningkatnya kesadaran organisasi filantropi Indonesia mengenai filantropi keadilan sosial dan tren filantropi global.

Seminar ini masih bisa ditonton di Channel Youtube UIN Syarif Hidayatullah Jakarta melalui link di bawah ini:
https://www.youtube.com/live/xsuxakRpnzU?si=dOaE0pLpGlIfaigm

Penulis: Aisyah Dewi Latifah Rohman/Volunteer STF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here