Jakarta, STF News – Selasa (18/10/2023) Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta menerima kunjungan dari mahasiswa Jurusan Arsitektur Program Sarjana untuk Kelas Karyawan dari Universitas Mercubuana. Salomon Taeyoung mewakili kelompoknya datang ke Rumah Wakaf Wirausaha, Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (CERCONDESO), Gn. Sindur, Bogor untuk melihat langsung bangunan Musholla Solidarity CERCONDESO. Kunjungan tersebut diterima oleh Dewi Maryam selaku Manager Unit Bisnis STF UIN Jakarta.

Solomon mengungkapkan kunjungannya tersebut untuk menggali informasi terkait bagunan musholla yang menggunakan arsitek. “Hal ini terkait tugas kuliah, karena kami mendapatkan tugas untuk mencari bangunan musholla yang dibangun menggunakan arsitek, dan ini sangat jarang sekali.” Ungkapnya.

Lokasi CERCONDESO yang berada di wilayah Kabupaten Bogor dan tidak terlalu jauh dari rumahnya menjadikan ia mewakili teman-temannya untuk melihat kondisi musholla. Ia yang kini berprofesi sebagai developer perumahan mengungkapkan kayu yang digunakan untuk frame bangunan ini sangat tebal dan menggunakan teknik yang jarang sekali digunakan oleh orang Indonesia yaitu dengan dibakar.

Pembangunan musholla ini memang melibatkan banyak tangan kebaikan, hal tersebut diungkapkan oleh Dewi Maryam kepada Solomon. Ia menjelaskan bahwa design bangunan ini dirancang oleh para volunteer dari CAUKIN Studio secara sukarela khususnya Harrison Marshel yang merupakan seorang arsitek berkewarganegaraan Inggris. Tenaga pembangunan melibatkan volunteer internasional berjumlah 23 orang dari 10 negara, juga melibatkan volunteer dan tenaga tukang lokal. Ia juga menjelaskan bahan bangunan musholla tersebut merupakan hasil dari bantuan para donatur yang menitipkan sedekah maupun wakafnya.

Bangunan musholla saat ini digunakan untuk mendukung berbagai kegiatan yang berlangsung di CERCONDESO, seperti ketika ada acara rutin setiap minggu yaitu Taman Baca Anak CERCONDESO, juga momen lainnya seperti Pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Perempuan, Kuliah Kerja Nyata, Camping Siswa Sekolah Dasar dan berbagai kegiatan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here