Jakarta, STF News – Minggu (12/11/2023) Taman Baca Anak Batch 4 kembali mengedukasi anak-anak dengan cara belajar sambil bermain, kali ini anak-anak diajarkan mengenai tata surya pada Minggu, 12 November 2023. Anak-anak taman baca dikenalkan mengenai tata surya dengan cara yang menyenangkan. Mereka diajak untuk menyusun miniatur tata surya menggunakan media sederhana seperti plastisin, karton hitam, sterofoam, dan spidol.

Plastisin dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai bentuk kedelapan planet yang ada di tata surya. Kemudian planet yang sudah dibentuk tersebut ditusuk menggunakan lidi ke sterefoam yang dilapisi karton hitam dan sudah digambarkan lintasan planet menggunakan spidol putih di atasnya. Anak-anak dipandu oleh para volunteer untuk menusukkan planet sesuai dengan lintasannya masing-masing.

Selain belajar mengenai tata surya, anak-anak juga diajarkan calistung, menonton video edukasi, dan kuis. Di tengah kegiatan belajar tersebut diselingi dengan bermain games bersama sehingga kegiatan belajar terasa lebih seru dan menyenangkan. Hal tersebut juga membuat anak-anak antusias dan semangat untuk terus belajar. 

Kegiatan taman baca tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak taman baca saja tapi juga bagi para mahasiswa yang menjadi volunteer taman baca. Banyak manfaat yang didapatkan dengan menjadi volunteer taman baca anak di Aula Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (CERCONDESO) seperti jaringan sosial yang luas, pengalaman, dan pengembangan diri. Khususnya bagi mahasiwa yang senang bermain bersama anak-anak, dapat sekaligus mengajar anak-anak dan menumbuhkan minat literasi serta kreativitas anak.

Bagi kalian yang tertarik bergabung menjadi volunteer Taman Baca Anak di CERCONDESO, saat ini STF UIN Jakarta sedang membuka pendaftaran volunteer Taman Baca Anak Batch 5. Pendaftaran terbuka untuk mahasiswa dan umum. Kegiatan volunteer akan berlangsung setiap hari minggu mulai tanggal 21 Januari-7 April 2024. Pendaftaran dapat dilakukan melalui link bit.ly/Daftar_TBA5 hingga tanggal 10 Desember 2023.

Penulis: Farah Yuniar, Internship STF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here