Jakarta, STF News – #OpiniMahasiswa, Kamis (16/11/2023)

Manusia merupakan makhluk sosial. Oleh karena itu, manusia tidak dapat hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Dalam kehidupan sehari-hari, ketika sedang berada dalam suatu masalah atau kesulitan tak jarang manusia meminta bantuan kepada orang lain untuk menolongnya. Dalam islam sendiri kita diajarkan untuk selalu berbuat kebaikan kepada sesama. Salah satunya adalah dengan membantu orang lain ketika sedang kesusahan. Hal ini sebagaimana yang terdapat dalam hadits berikut:

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba-Nya selama hamba-Nya itu suka menolong saudaranya” (HR. Muslim).

Apabila kita membantu orang lain maka kebaikan itu dipercaya akan kembali lagi kepada diri kita sendiri. Adapun dampak positif yang kita dapatkan dari berbuat kebaikan diantaranya seperti mengatasi stres dan memperkuat hubungan sosial. Selain itu, berbuat baik juga berdampak besar pada kesehatan batin, membentuk seorang jadi lebih berempati, berbelas kasih, serta lebih bersyukur.

Melakukan kebaikan untuk membantu orang lain dapat kita lakukan melalui berbagai macam cara. Kebaikan juga dapat dimulai dari sekarang sebab aksi-aksi kebaikan dapat dimulai dari hal-hal kecil. Dalam bidang pendidikan misalnya, salah satu kebaikan yang dapat dilakukan yakni dengan menjadi donatur beasiswa. Uang yang kita donasikan dapat membantu keberlangsungan studi kawan-kawan kita yang sedang berkuliah hingga akhir masa pendidikannya. Meskipun kita merasa uang yang kita donasikan tidak seberapa tetapi hal tersebut sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan.

Social Trust Fund (STF) sebagai lembaga sosial yang juga berkhidmat di bidang pendidikan memberikan alternatif untuk berdonasi yang dapat dilakukan mulai dari sepuluh ribu rupiah. STF memfasilitasi aksi kebaikan dengan kanal donasi yang telah tersedia melalui autodebet, setor tunai, transfer bank, layanan jemput, donasi online, ataupun melalui kotak donasi yang ada di setiap fakultas-fakultas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mari bersama-sama berderma untuk memberikan peluang, pendidikan, dan masa depan yang lebih cerah bagi mereka yang membutuhkan. Kebaikan bisa dimulai dari sekarang. Jadikan aktivitas dunia menjadi bekal akhirat. Semoga Allah SWT memberkahi setiap langkah baik dan semoga kita terus bersatu dalam misi mulia ini.

Penulis : Farah Yuniar/ STF Internship

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here