Muhamad Yazid Bustomi adalah salah satu penerima Beasiswa Prestasi Social Trust Fund (STF). Ia merupakan mahasiswa Fakultas Dirasat Islamiyah angkatan 2021 dan juga anggota divisi keilmuan di LDK Syahid FDI UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Sebagai seseorang yang terpilih sebagai penerima beasiswa, Yazid memiliki beragam prestasi. Salah satunya yakni ia merupakan seorang hafiz Al-Qur’an.

Terdapat sejumlah prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih oleh Yazid. Pada tahun 2018 ia menjadi wisudawan 15 juz terbaik pada wisuda tahfidz MAN 2 Kota Bogor. Kemudian pada tahun 2019 ia berhasil meraih juara harapan 3 lomba tahfidz 5 juz tingkat nasional UIN Bandung. Lalu pada tahun 2021 ia menjadi wisudawan 30 Juz pada Wisuda Tahfidz MAN 2 Kota Bogor.

Tidak hanya berprestasi sebagai hafiz Al-Qur’an saja, Yazid juga aktif dalam berorganisasi. Ia pernah menjabat sebagai ketua tim tadarus MAN 2 Kota Bogor pada tahun 2019-2020. Pada tahun yang sama ia juga menjabat sebagai wakil ketua divisi kajian kitab kuning SUN THREE.

Yazid membagikan pengalamannya sebagai penerima beasiswa STF. Baginya manfaat yang didapat sebagai penerima beasiswa STF tidak hanya sekadar mendapatkan teman baru dari berbagai jurusan yang berbeda tetapi juga membantu meningkatkan kemampuan bersosialisasinya. 

“Kesan saya sebagai penerima beasiswa STF, yang pertama itu bisa berkenalan dengan teman-teman yang berbeda jurusan sehingga bisa berbagi pengalaman dan ilmu. Bervolunteer di STF menjadi sebuah guru bagi saya, selain itu juga melatih skill kita dalam bersosialisasi dan berkomunikasi dengan banyak orang,” ucap Yazid. 

Manfaat lain nya yang Yazid rasakan sebagai penerima beasiswa STF selain terbantu biaya pendidikannya adalah juga menambah relasinya dari berbagai jurusan lain.

“Selain memberikan bantuan finansial dalam membayar ukt, menjadi penerima beasiswa STF membuat saya memiliki relasi dengan berbagai mahasiswa lintas jurusan yang tentunya hebat-hebat dan mendapatkan ilmu baru terutama terkait volunteer,” tambah Yazid.

Saat ini Yazid sedang disibukkan dengan kegiatannya menjadi pengurus Ma’had Al-Jami’ah UIN Jakarta dan LTTQ Masjid Fathullah UIN Jakarta. Dalam kedua organisasi tersebut ia beberapa kali bertugas menjadi panitia acara. Selain itu, ia juga menjadi pengajar pengganti di Ma’had dan di bulan ramadhan yang lalu ia menjadi pembaca tadarus setiap sore di Masjid Fathullah.

Keahlian lain yang dimiliki oleh Yazid yaitu dalam bidang bahasa. Ia mengaku mahir berbicara bahasa Arab dan Inggris serta sedikit bisa berbahasa Turki dan Prancis. Yazid juga pernah menjadi kandidat calon ketua Pengurus Ma’had Al Jami’ah UIN Jakarta. Yazid bercita-cita menjadi seseorang yang profesional dalam bidang keilmuan Islam dan Bahasa Arab.

Yazid adalah salah satu dari sekian banyak mahasiswa yang berhasil dibantu untuk meraih impiannya. Masih banyak mahasiswa lain yang membutuhkan bantuan dari kita. Sekecil apapun bantuan yang kita berikan akan berdampak besar bagi masa depan mereka. Anda dapat melakukan zakat sebagai bentuk dukungan untuk masa depan mereka semua. Mari tunaikan zakat anda melalui BSI 3003030407 an. Social Trust Fund UIN Jakarta. 

Penulis: Farah Yuniar/ STF Internship

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here