Jakarta, STF News – Rabu (22/11/2023) Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta menerima dana wakaf uang sebesar Rp. 6,4 juta dari mahasiswa dan civitas akademika Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI) bersamaan dengan kegiatan Pelepasan Wisudawan ke-130 pada Rabu, 22 November 2023. Dana tersebut diperoleh dari para calon wisudawan angkatan 130 Fakultas Dirasat Islamiyah dan civitas akademika FDI.

Dana yang terkumpul langsung diserahkan kepada STF UIN Jakarta untuk dikelola dan nantinya dapat memberikan manfaat yang diprioritaskan untuk mahasiswa FDI UIN Jakarta yang membutuhkan. Penyerahan dana wakaf uang secara simbolik diterima oleh Prof. Dr. Muhammad Zuhdi dan tim STF dengan dihadiri oleh calon wisudawan. 

 

Dalam sambutannya Wakil Dekan II Fakultas Dirasat Islamiyah, Dr. Mu’min Roup, M.A. menyebutkan bahwa kegiatan pengumpulan dana wakaf Uang sudah dilakukan sejak pelepasan Wisudawan Angkatan 129. Dr. Mu’min Roup, berharap di masa mendatang, dana wakaf tersebut tidak hanya dikumpulkan dari calon wisudawan, tetapi juga dari para alumni.

Sebelumnya STF dan FDI telah menandatangani perjanjian kerjasama tentang pengelolaan wakaf uang selama 4 tahun. Penandatanganan tersebut dilakukan pada bulan Agustus lalu dan dihadiri oleh Ibu Dr. Hj. Yuli Yasin, Lc., MA selaku Dekan FDI beserta jajarannya dan Prof. Amelia Fauzia, MA., Ph.D selaku Direktur STF serta Ibu Sri Hidayati, M.Ed selaku Direktur Program STF.

Kerjasama ini berawal dari sertifikasi Nazhir yang telah dimiliki oleh Fakultas Dirasat Islamiyah. Pihak FDI tergerak ingin melakukan fundraising wakaf uang yang nantinya akan mulai dikumpulkan pada momen wisuda. 

Inisiasi pengelolaan wakaf ini diharapkan akan berkembang ke arah yang lebih produktif kedepannya misalnya seperti melibatkan alumni FDI yang berkecimpung dalam dunia entrepreneurship. Namun, pengelolaan wakaf tetap melalui STF. Selain itu, pihak STF sendiri sangat mengapresiasi kerjasama ini. Ini merupakan pertama kalinya PKS STF dengan pihak fakultas mengenai wakaf. Hal ini berarti fungsi kenaziran STF dapat dimanfaatkan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here