Jakarta, STF News – Senin (11/12/2023) Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta sukses menyelenggarakan kegiatan International Volunteers Day (IVD) pada Jumat, 8 Desember 2023. Kegiatan yang berlangsung di selasar gedung Student Center kampus satu UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut diawali dengan senam bersama dan kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Direktur STF UIN Jakarta, Prof. Amelia Fauzia, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ali Munhanif, M.A., Ph.D., dan Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Prof (HC) Dr. Zainulbahar Noor, SE., MEc.

Dalam sambutannya Prof. Amelia Fauzia selaku Direktur STF UIN Jakarta menyampaikan statement yang menarik mengenai kegiatan IVD ini yang meskipun small but matters, mungkin menurut orang lain tindakannya kecil tapi sebenarnya sangat berdampak.

“STF berfokus di pendidikan, cita-cita kami bagaimana berkontribusi pada perdamaian. Di sana (Palestina) ada perang tapi juga berdampak pada pendidikan. Jadi kami ingin mereka bisa meraih pendidikan. Salah satunya ada beasiswa pendidikan,” kata Prof. Amelia Fauzia.

Melalui beasiswa, STF tidak hanya berkontribusi terhadap pendidikan tetapi juga perdamaian. STF berencana akan terus melakukan penggalangan dana. “Kami akan terus melakukan fundraising tidak hanya beasiswa tapi juga untuk korban-korban yang ada di Palestina sana,” tambah Prof. Amelia Fauzia. Pada tahun lalu STF memberikan beasiswa pendidikan kepada mahasiswa Palestina di Fakultas Dirasat Islamiyah.

Kemudian Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. Ali Munhanif, M.A., Ph.D. sangat menyambut baik acara ini. Dalam sambutannya beliau berharap STF sebagai lembaga UPZ bersama BAZNAS dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi.

Selanjutnya sambutan dilanjutkan oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Perencanaan, Kajian dan Pengembangan Prof (HC) Dr. Zainulbahar Noor, SE., MEc. yang menyampaikan ucapan terima kasih atas diselenggarakannya acara ini serta donasi yang dikumpulkan. “Hal-hal kecil ini adalah hal-hal yang besar. Karena BAZNAS tidak akan terlepas dari volunteer, maka saya mengucapkan terima kasih kepada para volunteer STF UIN Jakarta,” katanya.

Sambutan diakhiri dengan penyerahan infaq kemanusiaan UIN Jakarta peduli Palestina sebesar Rp 30.000.000,- kepada BAZNAS.

Kemudian rangkaian agenda IVD dilanjutkan dengan kegiatan operasi semut, cek kesehatan gratis, jasa penyebrangan jalan, dan mental discuss yang tersebar pada beberapa titik di kampus 1 UIN Jakarta. Kegiatan-kegiatan tersebut mendapat sambutan positif oleh para mahasiswa UIN Jakarta.

Yusriyyah, mahasiswi Fakultas Dakwah, adalah salah satu mahasiswa UIN Jakarta yang tidak mau melewatkan kesempatan untuk mencoba fasilitas cek kesehatan gratis pada acara ini. Menurutnya kegiatan ini menjadi bentuk kepedulian kampus terhadap mahasiswa.

“Dokternya juga bertanya soal BPJS buat memastikan kesehatan mahasiswa sejauh itu. Dari punya BPJS apa gak faskesnya sudah dipindahkan ke UIN apa belum. Itu sederhana tapi gak expect,” kata Yusriyyah.

Sementara itu, Mila Zahra sebagai volunteer operasi semut dari kerjasama antara Ayasofya Youth Community dengan volunteer UIN Jakarta mengaku kurang nyaman melihat sampah yang berserakan sehingga memutuskan untuk mengikuti kegiatan operasi semut.

Mila menceritakan pengalamannya ketika melakukan operasi semut, “Seru sih pengalaman baru. Dapet teman-teman baru terus orang-orang yang melihat juga responnya kayak yang lagi makan bareng-bareng jadi termotivasi buat ikutan buang sampah ke tempatnya juga.”

Selain kegiatan cek kesehatan gratis dan operasi semut, jasa penyebrangan jalan juga sangat membantu banyak masyarakat UIN Jakarta yang ingin menyebrang jalan. Winna, mahasiswi Fakultas Dakwah, yang biasanya kesulitan untuk menyebrang jalan dikarenakan mobil dan motor yang lewat sangat padat terbantu sekali dengan adanya jasa penyebrangan jalan ini.

“Ngebantu banget buat nyebrang buat orang-orang yang butuh keberanian nyebrang jalan karena mereka (volunteer) membantu,” kata Winna. Sementara itu, dari sisi volunteer jasa penyebrangan jalan, Yazid merasa senang dapat membantu banyak. “Lumayan mendebarkan karena nyebrangin jalan dan banyak mobil juga tapi senang juga banyak yang terbantu,” kata Yazid.

Lalu Audrey mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang mengikuti kegiatan mental discuss merasa bahwa sangat penting bagi generasi muda untuk menjaga mental health sebab selama bersosialisasi dibutuhkan komunikasi yang baik. Menurutnya mental juga sangat berpengaruh terhadap cara berkomunikasi dan mengelola emosi dengan baik sehingga acara ini sangatlah bagus.

“Merasa terbantu banget. Berpengaruh karena yang tadi sudah dipaparin bener-bener relate dengan generasi Z. Sangat membuka perspektif baru bagi kita yang belum tau caranya mengelola emosi dengan baik,” kata Audrey.

Sebelumnya pada Kamis, 7 Desember 2023 kegiatan ojek vespa gratis yang merupakan salah satu rangkaian dari acara International Volunteer Day telah lebih dulu dilaksanakan. Ojek vespa gratis terletak di dekat pintu keluar kampus satu UIN Jakarta dan dapat mengantarkan mahasiswa ke fakultas mereka masing-masing.

Berbagai kegiatan dalam rangkaian international volunteer day ini diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk terus berbuat kebaikan dengan membantu sesama. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memotivasi orang-orang untuk terlibat dalam kegiatan sukarela, mendorong semangat kepedulian, dan rasa tanggung jawab sosial.

Penulis: Farah Yuniar/ Internship STF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here