Jakarta, STF News – Senin (18/03/2024) – Social Trust Fund (STF) selaku lembaga sosial dan kemanusiaan di UIN Jakarta mengadakan series kajian online selama bulan Ramadan. Kajian yang termasuk ke dalam program tahunan lembaga STF ini, digelar secara online melalui aplikasi zoom, dari pukul 15.30-16.30 WIB, dan dibuka untuk umum.

Program kajian ini, menjadi wadah untuk beribadah dengan berbagi ilmu, dan bertukar ide serta gagaasan menggunakan media masa, selain itu juga untuk menjadi sarana silaturahmi para donator dan relawan.
Kajian Ramadhan series satu, dengan tema “Pembentukan Karakter Muslimah di Era Disrupsi” ini dihadiri oleh Direktur STF yaitu ibu Prof. Amelia Fauzia M.a, Ph.D, dan dinarasumberi oleh pakar bidang dakwah, sosial, dan budaya komunikasi yaitu ibu Dr. Rubiyanah M.A.

Acara diawali dengan sambutan yang diberikan oleh direktur STF UIN Jakarta. Beliau menagtakan bahwa “Filantropi tidak hanya tentang memberi tetapi juga bisa dengan berkontribusi menjadi relawan dan menyumbangkan ide serta ilmu pengetahuan untuk mendorong menusia berbuat kebaikan” Ujar Prof. Amelia Fauzia dalam sambutannya.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menyumbangkan ide serta tenaga dan menjadi relawan maka dapat dikatakan bahwa kita telah membangun filantropi.

Kemudian acara dilanjutkan dengan penyampaian materi kajian oleh narasummber yaitu ibu Dr. Rubiyanah M.A. Beliau menyampaikan pengertian tentang apa yang dimaksud era disrupsi, faktor-faktor penyebabnya, karakteristik era disrupsi dan efek munculnya era disrupsi. Selain itu beliau juga menjelaskan ciri-ciri seorang Muslimah dan apa saja karakteristik seorang Muslimah di era disrupsi, diantaranya yaitu: Memiliki keimanan yang kokoh, mampu beradaptasi, mandiri, memiliki pemahaman teknologi, keterlibatan sosial, kepemimpinan yang berbasis nilai dan ketahanan mental dan emosional.
Setelah penyampaian materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Dalam sesi ini, sangat terlihat sekali keantusiasan peserta dalam mengikuti kajian ini. Semoga kita semua bisa istiqomah dalam mengikuti kajian yang begitu bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan di bulan yang penuh dengan keberkahan.

Penulis : Alfina Ika/ Volunteer STF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here