DSC_0898
Mengantarkan mahasiswa ke fakultas dengan jasa ojek vespa

 

‘One Day Doing Something Cool, Together We Care’ adalah sebuah tema yang diusung oleh Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta untuk memperingati  International Volunteer Day (IVD) 2015 atau Hari Relawan Internasional. Acara ini telah dilaksanakan Jumat (11/12) di Halaman Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta.

Emi Ilmiah, selaku Manager STF UIN Jakarta mengatakan ini adalah kali kedua STF UIN Jakarta mengadakan IVD. Sesuai dengan tema, Emi menyebutkan acara ini bertujuan mengajak khalayak untuk berbagi dan peduli terhadap orang lain.

Ia menjelaskan, dengan acara ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat dan civitas akademika UIN Jakarta. “Kepedulian ini diwujudkan pada lingkungan sekitar dan dunia pendidikan dengan selalu aktif dalam membantu sesama.”

Kepedulian itu diwujudkan dengan berbagai kegiatan, yang sebagian besar diadopsi dari IVD yang diadakan STF UIN Jakarta tahun lalu. Rina Syafrianti selaku Divisi Acara IVD 2015 mengungkapkan, para volunteer yang berasal dari civitas akademika UIN dan masyarakat umum dapat memilih untuk berkontribusi sesuai keinginan dan kemampuannya.

Acara IVD 2015 dimulai pukul 06.00 diawali dengan kegiatan senam bersama civitas akademika UIN, dilanjutkan sarapan pagi. Kemudian acara IVD 2015 dibuka oleh Wakil Direktur STF UIN Jakarta Muhammad Zuhdi PhD dan Wakil Rektor Bidang KerjasamaUIN Jakarta Prof. Dr. Murodi, M.Ag.

Selanjutnya rangkaian kegiatan volunteerism dilakukan dengan Gerakan Lima Ribu, Jasa Ojek Vespa, Operasi Semut, Bersih-bersih Masjid Kampus, Live Performance, Membantu Orang Menyebrang Penyuluhan Titik Pemberhentian Angkutan Umum dan akan bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Jakarta serta RS UIN Jakarta untuk pengobatan dan konsultasi kesehatan gratis.

Melalui Gerakan Lima Ribu ini, Rina berharap bisa mendorong gerakan berbagi dan peduli melalui aksi donasi langsung berupa uang atau barang. “Hasil dari donasi ini senilai Rp932.000,- nantinya untuk membantu mahasiwa yang kurang mampu dan terancam DO karena tidak mampu membayar uang kuliah,” ujarnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here