Tumbuhkan Semangat Berderma Para Siswa

274

Ciputat, STF-Mengkampanyekan semangat berderma pada siswa adalah sebuah program Charity Goes To School (CGS) yang digagas Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain mengedukasi, acara bertemakan ‘Love to Share With Everyone’ merupakan inisiasi Charity Store, program alternatif donasi dengan koleksi barang, kemudian barang tersebut dijual kembali dan hasilnya diperuntukkan bagi beasiswa anak negeri.

Roosita Meilani Dewi, MM, selaku Manager Charity Store STF UIN Jakarta memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada pengampu kebijakan di SMPN 3 Kota Tangerang Selatan. “Ini merupakan sekolah pertama yang menjadi mitra diadakannya Charity Goes To School,” ungkapnya, Jumat (4/9).

Selain itu, Roosita menjelaskan siswa perlu mengenal filantropi atau kedermawanan sejak dini. Ia menerangkan, filantropi berasal dari Bahasa Yunani, philos yang berarti cinta atau kasih dan antrophosyang artinya manusia. Namun, ia menyebutkan, filantropi lebih sering diartikan sebagai kedermawanan.

Rina Syafrianti S.Hum, Ketua Program CGS mengatakan, acara ini sengaja dikemas secara menarik, dengan pengenalan berderma dan melalui games edukatif. Hal ini bertujuan agar tertanam jiwa kepedulian sosial pada anak-anak sejak dini, dengan diajak menyumbangkan barang layak pakainya untuk Charity Store.

Ia menjelaskan, peserta yang hadir berjumlah 60 siswa, dengan tujuh mahasiswa dan satu dosen volunteer sebagai fasilitator dari STF UIN Jakarta. “Peserta sangat antusias dengan acara ini. Donasi yang terkumpul totalnya ada 500 barang. Mulai dari boneka, sepatu, tas dan pakaian.” Terangnya.

Djunaidi, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMPN 3 Kota Tangerang Selatan mengatakan acara ini menarik, siswa diajarkan berderma dengan fun. “Siswa di sini juga sering mengadakan kegiatan sosial. Semoga dari kegiatan ini akan lebih memberikan semangat berderma di dalam diri mereka,” ujarnya.

Bagas, ketua OSIS SMPN 3 Kota Tangerang Selatan merasa acara ini penting diadakan di sekolah-sekolah lain juga. Ia menilai kegiatan ini sangat positif, semakin banyak CGS diadakan, maka akan semakin banyak anak-anak yang bisa terbantu biaya pendidikannya.

Memberdayakan Volunteer

Melalui acara CGS, Emi Ilmiah selaku Manager Program STF UIN Jakarta mengatakan, volunteer khususnya mahasiswa yang membantu kegiatan ini bisa belajar mengatur jalannya sebuah acara, mengampanyekan tentang semangat berderma dan berlatih menjadi fasilitator.

Kedepannya, Emi berharap agar tim CGS bisa berjumlah lebih banyak lagi. Agar CGS bisa dilaksanakan di banyak sekolah. “Bila perlu kita bikin tiga sampai empat tim lagi. Dengan melibatkan banyak volunteer.” Pesannya kepada seluruh volunteer di STF UIN Jakarta. (DEW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here