Masjid SCBERITA STF UIN — Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta menggelar kegiatan diskusi dan doa bertajuk Pesan Damai untuk Myanmar dan 1001 Do’a Bersama untuk Myanmar, di Mesjid Student Center, Selasa (19/09). Kegiatan yang bertujuan mendorong pemahaman publik tanah air tentang akar konfliknya sendiri, kegiatan dilakukan sebagai partisipasi publik Indonesia dalam mendorong terciptanya perdamaian masyarakat Myanmar yang kembali dilanda konflik.

Hadir sebagai keynote speaker sekaligus membuka acara tersebut, Wakil Rektor Bidang Kerjasama antar Lembaga UIN Jakarta Prof Dr Murodi MA (mewakili Rektor UIN Jakarta yang pada kesempatan yang sama menerima tamu dari 11 Universitas Islam dari Timur Tengah), Direktur STF UIN Jakarta Dr Amelia Fauzia, Ketua AKIM M. Ali Yusuf, dan Direktorat Jenderal Kerjasama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Salman al-Farisi. Serta do’a bersama dipimpin oleh Prof Dr Muhammad Quraish Shihab MA.

Direktur STF UIN Jakarta Dr. Amelia Fauzia mengatakan, kegiatan yang digelar STF UIN Jakarta bersama Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) tersebut, diharapkan bisa menggali wawasan publik tanah air tentang akar penyebab konflik yang mendera sebagian warga Myanmar.

“Doa bersama juga kita gelar sebagai wujud kepedulian kita atas saudara-saudara, warga Myanmar yang menjadi korban konflik sekaligus dorongan agar mereka bisa bersama-sama menegakkan kembali kehidupan harmonis,” ujarnya.

Masih menurutnya, STF UIN Jakarta sendiri telah berpartisipasi dalam program bantuan kemanusiaan bagi masyarakat Myanmar terdampak konflik melalui Humanitarian Assistance for Sustainable Community (HASCO), Kamis (31/08). Program ini merupakan inisiatif publik Indonesia untuk melakukan sosialisasi dan edukasi masyarakat untuk melihat konflik di Myanmar secara jernih, termasuk fasilitasi bantuan publik tanah air bagi warga Rohingya yang terdampak konflik.

​Acara ini di dukung oleh BNI Kas UIN, BTN kas UIN dan Rumah Sakit Syarif Hidayatullah.​
​Sebagai informasi, STF UIN Jakarta juga terlibat dalam penghimpunan donasi publik yang akan disumbangkan ke masyarakat Myanmar. Donasi bisa dikirimkan melalui tiga rekening bank a.n Social Trust Fund UIN Jakarta, yaitu Bank Mandiri 164.0000.585440, Bank Syariah Mandiri 70.4126.2437, dan Bank BNI 026.5536.255.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here