Angka kasus penularan dan infeksi yang di akibatkan oleh virus Covid-19 di Indonesia semakin meningkat  dan sangat mengkhawatirkan. Para ahli menilai bahwa saat ini kita sedang berada di fase kritis. Karena semakin banyaknya informasi yang beredar luas secara masif dan tidak terkendali, berikut beberapa fakta seputar Covid-19:

  1. Virus Covid-19 varian baru sangat mudah menular

Adanya mutasi dari virus Covid-19 yang menghasilkan varian virus baru yang lebih mudah menular. Dilansir dari laman media kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengklasifikasikan varian Covid-19 sebagai Variant of concern (VOC) yaitu varian Alpha (UK), Beta (Afrika Selatan), Gamma (Brazil) dan Delta (India). Sedangkan, yang termasuk dalam klasifikasi kedua yaitu Varian of interest (VOI) adalah Varian Epsilon, Iota (Amerika Serikat), Zeta (Brazil), Theta (Philipina), dan varian Kappa (India). Saat ini varian virus yang menyebar di Indonesia yaitu virus jenis delta dimana tingkat penularannya sepuluh kali lipat lebih menular dari virus Covid-19 biasa.

  1. Kita tetap bisa menularkan virus Covid-19 meskipun tidak bergejala

Berdasarkan informasi dari laman instagram Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Meskipun dalam kondisi tubuh yang sehat, orang tanpa gejala Covid-19 tetap bisa menularkan virus ke orang lain.       Karena dia berada di periode inkubasi dimana masih belum menunjukkan gejala sehingga belum meyadarinya. Untuk itu tetap proteksi diri dan sekitar dengan selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

  1. Kita tetap bisa terpapar virus Covid-19 meskipun sudah melaksanakan vaksin.

Meskipun sudah di vaksin dua kali kita tetap bisa terpapar virus Covid-19. Sehabis vaksin tubuh membutuhkan waktu untuk membentuk antibodi agar menciptakan respon imun yang efektif melawan virus. Virus bisa saja menyerang sebelum antibodi selesai terbentuk sehingga pada akhirnya walaupun sudah di vaksin semua orang tetap mempunyai resiko yang sama untuk tetap terpapar virus Covid-19.

  1. Penggunaan masker ganda (yang bukan sejenis)

Penggunaan masker ganda jika keluar rumah dapat meningkatkan perlindungan hampir 90%. Cara penggunaan masker ganda yang benar adalah harus rapat menutup hidung sampai dagu agar tidak bersentuhan dengan tetesan napas (droplets) yang bisa membawa virus. Lapisan pertama menggunakan masker medis kemudian di lapisi atasnya dengan masker kain. Penggunaan masker ganda yang sejenis sangat tidak dianjurkan karena tidak efektif. Tetapi jika menggunakan masker N95 standar kesehatan cukup satu lapis karena kemampuannya sudah 95% efektif.

  1. Tetap mematuhi protokol kesehatan

Berdasarkan anjuran Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, protokol kesehatan harus tetap di patuhi agar kita bisa terhindar dari virus Covid-19. Ingat 5M, menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

 

Dengan beredarnya informasi mengenai Covid-19 yang luas secara masif dan tidak terkendali, kita harus bisa memilih mana informasi yang sesuai dengan fakta. Setelah mengetahui beberapa fakta tersebut semoga membuat kita semakin sadar dan peduli akan bahayanya virus Covid-19. Tetap mematuhi protokol kesehatan, dan jangan lupa untuk selalu lindungi diri dan orang sekitar.

 

Penulis : Hilyatussa’adah

Editor : Muhammad Bagaskara

 

Sumber:

Buku saku vaksinasi covid-19. (n.d.). Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/edukasi/masyarakat-umum/buku-saku-vaksinasi-covid-19

 

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021, June 26). Post [Instagram Post]. Instagram. https://www.instagram.com/accounts/login/?utm_medium=copy_link

 

Putri, G. S. (2021, July 4). Pandemi Indonesia Kritis, 14 Cara Hindari Varian Covid-19 yang Sangat Menular – Kompas.com. KOMPAS.com. https://amp.kompas.com/sains/read/2021/07/04/113300923/pandemi-indonesia-kritis-14-cara-hindari-varian-covid-19-yang-sangat

 

Summary:

Informasi Fakta-Fakta Seputar Covid-19

  1. Virus Covid-19 varian baru sangat mudah menular
  2. Kita tetap bisa menularkan virus Covid-19 meskipun tidak bergejala
  3. Kita tetap bisa terpapar virus Covid-19 meskipun sudah melaksanakan vaksin.
  4. Penggunaan masker ganda (yang bukan sejenis)
  5. Tetap mematuhi protokol kesehatan

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here