Kamis, 8 Desember lalu STF menerima kunjungan dari the Architecture and Extreme Environments Programme at the Royal Danish Academy Copenhagen, Denmark ke Rumah Wakaf Wirausaha, CERCONDESO, Gn. Sindur, Bogor. Mereka adalah dosen arsitektur Royal Danish Academy Copenhagen, Denmark yang sedang melakukan kunjungan lapangan di Jakarta, kemudian menemukan hasil karya arsitektur dari CA.UK.IN Studio yang ada di Indonesia

Beberapa dosen tiba di Rumah Wakaf Wirausaha pada pukul 9.30 WIB diantaranya adalah David Gracia, Will Lambeni, Otis Sloan Wood, dan Runa Johannessen. Ibu Prof. Amelia Fauzia selaku direktur STF juga hadir pada hari itu ditemani oleh direktur program, Ibu Sri Hidayati dan menyambut kedatangan mereka dengan hangat. Mushola Rumah Wakaf Wirausaha yang berlokasi di Gn. Sindur, Bogor telah diresmikan pada bulan September lalu dan dalam proses pembangunannya melibatkan volunteer lokal dan volunteer internasional yang tergabung dalam organisasi CA.UK.IN Studio.

Di sana para dosen arsitektur itu melihat dan mempelajari gaya arsitektur yang dibangun oleh vounteer CA.UK.IN Studio. Secara detail mereka menanyakan langsung kepada Bang Yadih yang pada saat pembangunan Mushola turut andil sebagai mandor sekaligus menjadi penghubung para volunteer internasional dalam pencarian bahan bangunan. “How do you feel being able to build this mosque?” tanya Will Lambeni kepada Bang YadihAlhamdulillah i’m very happy” jawabnya. Ada banyak hal yang mereka bahas di sana dari mulai kayu yang dipakai dan dari mana asalnya. Mereka sangat kagum dengan interior yang digunakan oleh para volunter CA.UK.IN Studio sehingga menghasilkan karya yang begitu ciamik.

Kunjungan lapangan para dosen arsitektur Copenhagen, Denmark ke Indonesia ini juga disertai oleh para mahasiswanya, tetapi pada hari itu para mahasiswa berhalangan hadir karena ada proyek lain yang harus mereka kerjakan. Menurut mereka bangunan mushola yang ada di Rumah Wakaf Wirausaha sangat bagus dan menarik.

Ada kesan tersendiri dari pertemuan siang hari itu, khusunya bagi para tamu yakni dosen arsitektur tersebut.“ Saya sangat senang bisa berkunjung ke Rumah Wakaf Wirausaha dan bertemu dengan kalian”, pungkas Runa, salah satu tamu dari dosen arsitektur Royal Danish Academy in Copenhagen Denmark.

Penulis: Fitri Sukmawati/PBSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here