Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta sukses gelar acara “Capacity Building for Volunteer” pada tanggal 3 – 4 Desember 2022 dalam rangka memperingati International Volunteer Day (IVD) pada tanggal 5 Desember. Rangkaian kegiatan ini diadakan dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan skill volunteer STF serta peserta lain yang turut hadir secara offline di Rumah Wakaf Usaha Cercondeso, Gunung Sindur, Bogor. Hari Sabtu (3/12). Keberangkatan para peserta dari  kampus 1 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada pukul 7.30 WIB menuju Rumah Wakaf Usaha Cercondeso.  Selanjutnya, setelah sampai ke tempat tujuan, pada pukul 8.15 WIB seluruh peserta mulai mempersiapkan ruangan yang akan digunakan. Kegiatan ini dibuka pada pukul 09.30 WIB oleh Prof. Amelia Fauzia, M.A., Ph.D selaku Direktur STF kemudian dilanjutkan dengan agenda selanjutnya yakni materi pertama oleh Kak Endi Aulia Garadian, M.Hum. dengan judul materi “Academic Writing 101”. 

Kak Endi adalah salah satu penerima program Professor Azyumardi Azra Scholarship pada tahun 2020 yang kini aktif sebagai dosen UIN Jakarta dan juga peneliti di PPIM UIN Jakarta. Materi yang disampaikan mengenai kepenulisan akademik. Durasi penyampaian materi selama 2 jam itu dapat dipahami oleh para peserta, sehingga antusiasme para peserta sangat terlihat selama diskusi berlangsung. Di akhir sesi  terdapat mini assignment yakni seluruh peserta diminta untuk membuat thesis statement yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu langsung disampaikan secara lisan. Sesi pelatihan pertama ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

Rangkaian pelatihan selanjutnya, diisi dengan penyampaian materi oleh Kak Nabilah, S.Sos dengan tema Online Writing Style. Dalam pemaparan materinya,  Kak Nabilah  banyak membagikan kiat-kiat tentang cara menulis berita online dan mengatakan bahwa latihan yang paling baik adalah dengan sering berlatih menulis berita. Kak Nabilah juga menyarankan untuk memilih bidang yang dikuasai dalam hal penulisan berita agar menghasilkan berita yang baik dan menarik. Dalam sesi diskusi pelatihan ini juga tidak kalah seru, karena tidak hanya membahas seputar  kepenulisan berita online namun juga pertanyaan seputar kepenulisan akademik seperti skripsi dan jurnal yang dijawab secara rinci oleh Kak Nabilah. Empat tahun silam Kak Nabilah adalah salah satu penerima beasiswa prestasi STF dan kini sedang melanjutkan studi S2 di UIN Jakarta. Sebelum berakhir sesi ini pun ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama.

Kegiatan Capacity Building di hari sabtu merupakan agenda offline pertama yang dilaksanakan pada semester ganjil 2022. Kak Adri Mulia sebagai salah satu peserta pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa “Capacity Building ini merupakan acara yang keren, di sini saya bisa mengenal apa itu STF, kegiatannya, program kerjanya, dan saya bisa bertemu dengan orang-orang hebat”. Saya harap STF terus mengadakan acara-acara seperti ini di samping program kerja yang lain, karena  acara seperti ini dapat menumbuhkan nilai-nilai sosial kemanusiaan bagi mahasiswa/i terutama di UIN Jakarta karta”, pungkasnya.

Acara Capacity Building yang diselenggarakan oleh STF berlanjut pada hari ke 2, Minggu (4/12/2022). Beberapa peserta dan volunteer yang menginap di Rumah Wakaf Usaha Cercondeso sudah mempersiapkan diri di pagi hari sehingga materi sudah dapat dimulai pukul 9.00 WIB. Sebelum kegiatan ini berakhir, Ibu Sri Hidayati, M.Ed selaku Direktur Program turut berkunjung menyaksikan kegiatan ini berlangsung dan memberikan sambutan penutup. Kemudian dilanjut dengan materi ke 3 yaitu pelatihan kerajinan vas fiber dan racing oleh Bapak Hardian. Di sana peserta dapat melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan vas fiber dan juga peserta dapat mempraktekkan proses pembuatannya dengan membantu proses pengelupasan pembungkus vas dari cetakannya dan juga memberi warna pada vas yang sudah dibuat.

Bapak Hardian telah menekuni bidang tersebut cukup lama, dan menerima banyak orderan yang masuk selain kerajinan vas bunga. 

Sampai pada agenda terakhir yakni penyampaian materi dengan judul “Tips & Trick menjawab test TOEFL” oleh Ms. Febria Afiah Rahmah, M.Pd. Pelatihan TOEFL ini dilakukan secara intens selama 2,5 jam yang disampaikan secara rinci dan mudah dipahami bagi  peserta dan juga volunteer yang hadir. Kendatipun pelatihan ini cukup singkat, namun antusiasme peserta terlihat selama sesi diskusi berlangsung. Acara ini pun ditutup dengan kegiatan foto bersama pemateri dan juga pembacaan do’a penutup oleh salah satu volunteer STF UIN Jakarta yakni Ilham Gilar.

Setelah rangkaian acara selesai, peserta mendapat free time untuk mengenal satu sama lain dan juga mengambil foto bersama. Kemudian pukul 16.00 WIB peserta mulai berkemas dan meninggalkan aula Cercondeso.

Agenda Capacity Building ini sangat menyenangkan karena di sana kita bisa mengenal dan berbincang bersama volunteer lain, dan juga perasaan sedih karena waktu terasa cepat berlalu. Maya Aulia salah satu penerima program Prof. Husni Rahim Scholarship berkata “Dua hari terasa cepat ya, tapi kita sudah merasa akrab satu sama lain. Saya juga termotivasi lebih jauh untuk meningkatkan skill setelah mengikuti capacity building ini, dan tentu saja sangat menantikan kegiatan-kegiatan STF berikutnya” ujarnya.

International Volunteer Day (IVD)  yang diperingati setiap tanggal 5 Desember setiap tahunnya merupakan sebuah apresiasi dan promosi atas kerja keras yang tak kenal, dari seluruh sukarelawan di dunia. IVD tahun 2022 mengusung tema “Solidarity Through Volunteering” atau “Solidaritas Melalui Kerelawanan”, dengan kampanye “Together, Act Now” atau “Bersama, Bertindak Sekarang”. Melalui peringatan tahun ini, Hari Relawan Internasional menyoroti kekuatan kemanusiaan yang dimiliki, untuk mendorong perubahan positif melalui kerelawanan.

Penulis: Sarifah Bunga Rarasantang/FPsi dan Fitria Sukmawati/PBSI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here