STF memberikan bantuan kepada beberapa kelompok KKN reguler UIN Jakarta melalui donasi buku Charity Store. Donasi buku tersebut diberikan secara gratis dan dibebaskan kepada kelompok KKN dipergunakan untuk keperluan program kerja mereka di desa.

Salah satu perwakilan dari kelompok KKN yang menerima bantuan tersebut adalah Syahril Wahyu Firmansyah, mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) dari Kelompok KKN 36, telah menerima donasi buku sebanyak 11 buku anak-anak pada Kamis, 13 Juli 2023.

Nantinya buku-buku tersebut akan dipergunakan oleh kelompok KKN 36 untuk melancarkan program kerja mereka berupa rumah baca di Desa Tanjung Sari, Cijeruk, Bogor. Program ini mereka buat karena anak-anak disana sedikit yang memiliki minat baca dan lebih banyak bermain handphone.

Program rumah baca tersebut akan dilaksanakan pada 18 agustus mendatang dan melibatkan sebanyak 6 orang perwakilan dari kelompok KKN 36. Syahril selaku perwakilan dari Kelompok KKN 36 berharap semoga donasi buku ini dapat berguna untuk anak-anak di Desa Tanjung Sari agar meminimalisir penggunaan gadget dan meningkatkan literasi dalam membaca.

Selain itu, STF juga memberikan donasi buku gratis kepada kelompok KKN 85. Sebanyak 30 buku telah diberikan kepada Ajeng Nois Syafarani, mahasiswi program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab Humaniora (FAH), selaku perwakilan dari kelompok KKN 85.

Buku-buku tersebut akan digunakan oleh kelompok KKN 85 untuk program Taman Baca di Desa Sirna Galih, Taman Sari, Bogor. Salah satu tujuan program tersebut adalah untuk membangun literasi membaca anak-anak di Desa Sinar Galih sejak dini.

Program Taman baca ini melibatkan 3 orang dari kelompok KKN 85 yang berasal dari program studi Manajemen Pendidikan, Ilmu Perpustakaan dan Pendidikan Bahasa Indonesia yang akan dilaksanakan setiap seminggu satu minggu sekali.

Melalui donasi buku yang disalurkan tersebut diharapkan dapat bermanfaat bagi kelompok-kelompok KKN reguler dan tentunya bagi anak-anak yang ada di desa tempat mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN.

Penulis: Farah Yuniar/FISIP/ Mahasiswa KKN in Campus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here