Pekan pertama kegiatan Taman Baca Anak Batch 3 di Aula Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (CERCONDESO) Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kewirausahaan Sosial yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juni 2023 lalu diwarnai antusiasme tinggi dari anak-anak. Pertemuan pertama dalam kegiatan Taman Baca Anak diisi dengan kegiatan menggambar dan membaca.

Diawali dengan membaca doa bersama terlebih dahulu kegiatan dilanjutkan dengan bermain games sandiwara. Games dilakukan dengan cara menebak gerakan yang ditirukan oleh salah seorang volunteer. Lebih dari itu, games tersebut ternyata memiliki manfaat salah satunya untuk meningkatkan keterampilan berbicara pada anak-anak.

Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan berbahasa kepada anak-anak kegiatan hari itu juga diisi dengan sesi membaca cerita bersama.

Kemudian sesi berikutnya yakni menggambar, pada sesi ini anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok yang didampingi oleh volunteer sebagai fasilitator mereka. Anak-anak dipandu dan dibimbing oleh volunteer untuk menggambar tokoh kartun kesukaan mereka.

Tiap minggunya para volunteer sudah menyiapkan berbagai games dan juga metode pembelajaran yang menarik agar anak-anak tidak merasa bosan dan tentunya disesuaikan dengan umur mereka.
Penulis: Farah Yuniar/FISIP/Mahasiswa KKN in Campus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here