Jakarta, STF News – Jum’at (22/03/2024) – Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta rutin menggelar kegiatan penjualan buku second yang layak pakai yang hasil penjualannya digunakan untuk kepentingan donasi kepada pihak yang membutuhkan.

Beberapa genre buku yang tersedia di charity store STF sangat beragam. Dimulai dari buku fiksi, seperti novel, dongeng, dan komik, serta buku non fiksi atau buku ilmiah yang biasa digunakan dalam kegiatan perkuliahan.

Kegiatan penjualan buku ini perlu ditopang dengan soft skill dari para volunteer STF yang bertugas melakukan penjualan agar menarik perhatian konsumen dan menghasilkan banyak keuntungan yang dapat ditabung untuk bersedekah.

Atas kebutuhan tersebut, STF mengadakan pembinaan strategis upaya peningkatan penjualan buku charity store STF yang dibimbing oleh Dr. Elvi Susanti, M.Pd. pada hari Jumat (22/03/2024) yang bertempat di Kantor STF UIN Jakarta.

Dr. Elvi Susanti, M.Pd. selaku pemateri kegiatan tersebut menekankan bagi para sukarelawan STF untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan penjualan sedetail mungkin.

Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tingkat penjualan dan kepuasan konsumen dapat ditinjau dari 5 (lima) faktor di bawah:
1. Menentukan target pasar yang sesuai
2. Memastikan kualitas buku dalam keadaan baik
3. Mengikuti perkembangan komunitas membaca
4. Memanfaatkan media sosial
5. Menjual buku-buku di e-commerce

“Di samping aspek komunikasi yang menjadi kunci dalam jual-beli, beberapa faktor tersebut juga sangat berpengaruh kepada penjualan buku. Konsumen akan memberikan kepercayaan kepada kita selaku penjual jika barang yang dijual dengan kondisi yang baik, harga yang sesuai, dan komunikasi yang interaktif.” Ujar Dr. Elvi Susanti, M.Pd.

Kegiatan tersebut sangat memancing antusiasme peserta volunteer STF yang bertugas menjaga Stand Charity Store. Para peserta volunteer bertekad akan memberikan pelayanan yang terbaik dan komunikatif bagi konsumen yang akan menyumbangkan hartanya dengan membeli buku.

Penulis: Afif Fahmi Aziz/ Mahasiswa Volunteer STF.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here