Jakarta, STF News – Rabu (27/03/2024) – UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Bersama UPZ BAZNAS STF UIN Jakarta mengadakan kegiatan Gerakan Zakat Bersama dengan tema “Hari ZISWAF UIN Jakarta: Semarak Tebar Berkah Ramadan 1445H/2024 M” pada hari Rabu, 27 Maret 2023 di aula Student Center (SC) Kampus 1, UIN Jakarta.

Dalam agenda tersebut hadir sejumah tokoh diantaranya; Bapak Prof. Asep Saepudin Jahar, M.A., Ph.D. selaku Rektor UIN Jakarta, Bapak Dr. TB. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si. selaku Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni UIN (IKALUIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Ibu Prof. Amelia Fauzia, MA., Ph.D selaku Direktur STF, Ibu Dr. Yuli Yasin, MA. Selaku Ketua Panitia dan Dewan Pengawas Syariah STF beserta segenap pimpinan UIN Jakarta.

Ibu Dr. Yuli Yasin dalam sambutannya menuturkan bahwa ZISWAF ini adalah inisiasi STF untuk memfasilitasi sivitas UIN Jakarta di bulan Ramadan dan tentunya tidak hanya di bulan Ramadan saja. Selain itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada para hadirin yang hadir dalam agenda hari ZISWAF UIN Jakarta. “Bapak, Ibu yang hadir di sini adalah orang-orang yang terpilih oleh Allah untuk menunaikan ZISWAF di hari ZISWAF UIN Jakarta. ZISWAF adalah kewajiban untuk kita lakukan, diambil dari yang kaya seperti pimpinan inilah dan nantinya akan dikembalikan kepada yang membutuhkan. Semoga ZISWAF yang ditunaikan diterima oleh Allah dan menjadi penggugur dosa kita”, ujarnya.

Senada dengan Ibu Dr. Yuli Yasin, Ibu Prof. Amelia juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para tamu undangan yang hadir. Sebagai informasi, bahwa sejak pandemi STF mulai rutin mengelola zakat. Selama ini STF berupaya memenuhi kebutuhan mahasiswa UIN Jakarta salah satunya melalui program beasiswa, dan selama 3 tahun terakhir STF hanya mampu memenuhi 29% penerima manfaat program beasiswa dari total ajuan pendaftaran sebanyak 1.120 mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa. Tetapi STF akan terus berupaya memaksimalkan karena kami termotivasi oleh Harvard University yang memiliki dana abadi (endowment) yang sangat besar sehingga banyak mahasiswanya yang mendapatkan beasiswa, tambahnya.

Sebagai alumni yang kini menjabat sebagai Ketua Umum IKALUIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Bapak Dr. TB. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si. menyampaikan sambutan dan harapannya agar STF menjadi pionir untuk mendorong filantropi Islam yang ada di perguruan tinggi terutama di UIN Jakarta. “Saya akan terus mendukung program-program STF dan mendorong kedermawanan sosial ini menjadi satu kekuatan. Selain itu, saya juga mengapresiasi Bapak Rektor yang luar biasa dan akan saya sebarkan kepada alumni untuk mendukung STF’’, ujarnya.

Kemudian sambutan terakhir oleh Bapak Rektor UIN Jakarta, Prof. Asep Saepudin Jahar. Ia menuturkan, “Mari kita tunaikan ZISWAF ini untuk mahasiswa kita’’, ucapnya dengan jelas. Ia menambahkan agar para sivitas UIN Jakarta bersama-sama menunaikan kewajiban ber-ZISWAF ini di STF UIN Jakarta.

Acara berlanjut dengan simbolis pembayaran ZISWAF yang dimulai oleh Prof. Asep Saepudin Jahar selaku Rektor bersama Bapak Dr. TB. H. Ace Hasan Syadzily selaku Ketua Umum IKALUIN Jakarta. Kemudian pembayaran ZISWAF diikuti oleh segenap pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan tamu undangan yang hadir.

Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) telah terdaftar di BAZNAS RI Pusat dan nazhir wakaf produktif teregistrasi di Badan Wakaf Indonesia (BWI). Dengan diselenggarakannya Hari ZISWAF UIN Jakarta ini agar dapat memfasilitasi kebutuhan sivitas akademika dan alumni dalam menunaikan kewajiban membayar zakat, termasuk infak, sedekah, dan wakaf di bulan Ramadan 1445 H. Selain itu, selama bulan Ramadan STF juga membuka gerai zakat, infaq, dan sedekah di lingkungan kampus UIN Jakarta.

Di momen Bulan Ramadan inilah menjadi momen yang istimewa untuk berbagi dan peduli terhadap sesama. Selain itu, semangat untuk saling berbagi dan kepedulian inilah yang memperkuat ikatan antarindividu dan komunitas sehingga menciptakan atmosfer persatuan dan kebaikan yang sangat berarti selama bulan Ramadan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here