Jakarta, STF News – Senin (01/04/2024), Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta kembali memulai program tahunannya di bulan yang dipenuhi dengan berkah, yaitu bulan Ramadan 1445 H. Dalam seri Kajian ke-3 ini, STF sebagai lembaga pengelola zakat dan wakaf memilih untuk membahas tema “Kontribusi Perempuan Terkait Krisis Kemanusiaan Dalam Perspektif Islam”.

Kajian ini dihadiri oleh Direktur STF yaitu Prof. Amelia Fauzia, M.A., Ph.D dan pembicara Prof. Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si. M.A. yang merupakan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Pada seri kegiatan Ramadan ini mengangkat tema perempuan dan kemanusiaan ini terfokus pada peran aktif perempuan dalam proses pemulihan krisis kemanusiaan.

Sebagai pembuka, pembicara pada forum ini, Prof. Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si. M.A. menyatakan bahwa terdapat beberapa faktor penyebab terjadinya krisis kemanusiaan, di antaranya:

  1. Bencana alam;
  2. Angka kemiskinannya yang tinggi;
  3. Banyaknya korban dari gender Perempuan.

Faktor bencana alam yang tidak bisa diprediksi seringkali menyebabkan terjadinya krisis kemanusiaan di belahan negara lain. Bentuk bencana pun bermacam-macam. Prof. Dr. Dzuriyatun Toyibah, M.Si. M.A. menerangkan setidaknya terdapat contoh bencana alam dan non-alam. Bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, serta kebakaran hutan. Sedangkan bencana non-alam dapat berupa konflik bersenjata dan pandemi Covid-19. Kejadian-kejadian tersebut menjadi penyebab terjadinya angka kemiskinan yang tinggi.

Faktor terpenting yang sesuai dengan tema kajian Ramadan seri ke-3 ini adalah banyaknya korban dari gender perempuan. Pemateri mengatakan bahwa posisi perempuan sebagai manusia harus setara dengan gender lainnya. Tidak boleh ada satupun penghalang yang dapat menghalangi seorang perempuan untuk mendapatkan hak layaknya lelaki, seperti hak untuk bekerja, bersosialisasi, dan lain sebagainya.

STF UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai lembaga filantropi di lingkungan kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah membuka ruang yang lebar bagi para perempuan untuk menyalurkan gagasan, keilmuan, dan kegiatan sosial lainnya.

STF bertekad untuk selalu menebarkan kebaikan kepada sesama dengan diadakannya penerimaan bantuan dan menyalurkannya serta mengadakan kegiatan volunteer bagi para mahasiswa dan mahasiswi yang memiliki kemahiran di berbagai macam bidang.

(Afif Fahmi Aziz/Volunteer STF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here