UIN Jakarta, STF News— Rangkaian kegiatan Training Volunteer yang diadakan Lembaga Sosial dan Kemanusiaan Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta masih berlanjut. Kali ini, di Sesi ke II STF UIN Jakarta menghadirkan Direktur Eksekutif Sekolah Relawan Bapak Donny Aryanto untuk memberi materi kepada peserta training volunteer.

Selaku Project Program STF, Dewi Maryam menuturkan acara berlangsung Jumat 16 November di salah satu ruang kelas gedung ex farmasi kampus I. Adapun tujuan dari sesi ini yaitu peserta mampu merencanakan, membentuk dan mengelola program yang berkaitan dengan kegiatan sosial kemanusiaan jangka pendek dan jangka panjang.

“Adapun studi kasus misalkan program charity, program advokasi ke masyarakat, dan program disaster manajemen,” ungkapnya.

Selain itu, peserta juga diajarkan untuk membuat laporan program yang transparan dan akuntabel dalam berbagai media (sms, Whatsapp, website, berita) untuk diberikan kepada donatur maupun untuk menjaring calon donatur. Materi ini sangatlah bagus untuk setiap para volunteer yang nantinya akan bermanfaat saat mereka menjalankan program sosial.

Menurutnya point penting yang perlu dipahami yaitu saat evaluasi setiap program. Mengevaluasi program yang sedang atau telah berjalan sangat bagus sehingga program selanjutnya dan ke depannya bisa berjalan dengan baik.

“Di sini pemateri menekankan evaluasi itu sangat penting yaitu untuk mengoreksi kinerja dan program yang dilakukannya tersebut,” tuturnya.

Salah satu peserta volunteer Anggita Samiya mengaku sangatlah berkesan dan senang mengikuti program training yang diadakan STF UIN Jakarta. Baginya ini menjadi kesempatan langka yaitu bisa sharing bareng bersama para senior yang sudah lama berkecimpung di dunia volunteer.

“Seru banget, enggak nyesel aku ikut training ini, beruntung pokoknya soalnya pematerinya yang diundang keren. Apalagi penjelasannya bikin mudah dipahami. Selain lulus kuliah aku ingin menjadi the real volunteer dan memberikan perubahan untuk diri dan lingkungan,” ungkapnya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here