Jakarta РHari raya lebaran selalu identik dengan pulang kampung atau lebih populer disebut mudik.  Menjelang Hari Raya Idul Fitri kaum urban berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk bertemu keluarga tercinta. Ada yang mudik dengan menggunakan jalur darat seperti bus, kereta, mobil, dan motor pribadi. Ada juga yang menggunakan jalur air dan jalur udara.

Namun keinginan untuk bertemu keluarga terkadang harus terkendala oleh biaya dan tiket kendaraan umum yang sudah habis, terlebih lagi sudah memasuki minggu akhir di bulan Ramadhan.

Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta punya solusinya. Lembaga Filantropi yang berkantor di UIN Jakarta ini mengadakan program mudik gratis bareng STF UIN Jakarta. Program ini tentunya ditujukan bagi para mahasiswa rantau yang ingin pulang ke kampung halaman .

Program ini pun menarik mahasiswa dari berbagai kampus seperti UIN Jakarta, UNPAM, YANUS, dan STIKES. Sebanyak 33 peserta pendaftar pertama dipilih untuk mudik bareng STF UIN Jakarta secara gratis.

Jalur mudik yang ditempuh adalah Jakarta РSurabaya dan Jakarta РGarut. Para peserta mudik dilepas langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Yusran Razak dan Wakil  Direktur STF UIN Jakarta, Muhammad Zuhdi, Phd, Kamis (22/6).

Program yang baru dilaksanakan pada tahun 2017 ini mendapat sambutan yang baik dari mahasiswa. “Oke banget program STF UIN Jakarta ini. Bisa mewujudkan mimpi temen-temen rantau yang terhalang biaya ataupun tiket yang sudah abis untuk pulang kampung. Aku aja seperti dapat keajaiban bisa pulang mudik bareng STF UIN Jakarta,” ujar Nanik.

Mahasiswa pun berharap agar program Mudik Bareng STF UIN Jakarta ini terus ada setiap tahun. (Dede Uswatun Hasanah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here