Professor Azyumardi Azra Scholarships (PAAS) sudah tiba pada tahap pengumuman. Beasiswa ini bertujuan untuk memajukan Studi Sejarah dan Filantropi Islam dalam menghadapi tantangan zaman yang selalu berubah.

Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melakukan seleksi atas aplikasi dan proposal riset mahasiswa, kandidat yang terpilih telah memenuhi poin-poin metodologi yang jelas. Dari total 7 orang pendaftar beasiswa, tim seleksi memilih 2 proposal yang memenuhi kualifikasi PAAS tinggi yaitu masuk dalam kajian Sejarah Islam non-konvensional yang kuat, memiliki nilai kebaruan (novelty) dan signifikan tinggi dengan metodologi dan sumber primer yang kuat (sound).

Beasiswa ini lahir atas inisiasi STF UIN Jakarta dan didukung oleh Profesor Azyumardi Azra. Beberapa unsur lain juga berperan sangat penting dalam keberlangsungan program ini, yaitu Program Studi Magister Sejarah dan Kebudayaan Islam (MSKI) UIN Jakarta.

STF membuka kesempatan untuk siapapun berkolaborasi mendukung program ini. Dan berharap ke depan semakin banyak proposal riset/tesis yang berkualitas tinggi untuk bisa kami danai dan mendapat privilige sebagai penerima PAAS.

Bagi yang belum berhasil, silahkan perbaiki dan kirim proposal lengkapnya pada semester depan dengan penekanan pada topik dan metode historis, serta berbasis temuan awal dan argumen yang kuat secara teori dan nilai kebaruan.

Terakhir, kami ucapkan selamat kepada dua mahasiswa yang terpilih sebagai penerima Professor Azyumardi Azra Scholarship, yaitu:

Nama Para penerima

1. Farid Septian dengan judul tesis: Kontekstualisasi Ashnaf Filantropi Islam: Analisis Fatwa Zakat di Indonesia Tahun 1920-2020

2. Tati Rohayati dengan judul tesis: Sejarah Volksraad (Dewan Ra’jat): Islam dan Kontestasi Suara-Suara Dewan Ra’jat Tahun 1918-1942

Penyerahan beasiswa tersebut akan dilakukan secara simbolik pada hari Selasa, 31 Agustus 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here