STF News – Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta mengucapkan terima kasih kepada Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) UIN Jakarta atas kerjasama yang terjalin dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya pada program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang terdiri dari KKN in campus dan KKN reguler yang ditempatkan di Desa Cidokom, Gunung Sindur, Bogor. 

Program KKN ini adalah proses belajar salah satunya adalah mengembangkan keterampilan yang nantinya dapat diaplikasikan kepada masyarakat. Dengan terselenggaranya kedua program KKN di atas, diharapkan dapat mendorong salah satu misi STF dalam praktik filantropi melalui program pemberdayaan masyarakat. 

STF menawarkan Center for Rural Community Development and Social Entrepreneurship (CERCONDESO) Pusat Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kewirausahaan Sosial sebagai sarana yang tepat untuk menjadi laboratorium mahasiswa KKN dalam belajar pemberdayaan masyarakat dan mengembangkan kegiatan ekonomi berbasis sosial.

Kelompok KKN reguler di Desa Cidokom terdiri dari 24 orang mahasiswa semester 6 yang berasal berbagai fakultas di UIN Jakarta. Kegiatan KKN ini akan berlangsung selama 1 bulan yakni mulai tanggal 25 Juli hingga 25 Agustus 2023. Para mahasiswa yang akan melaksanakan KKN di sana pun bisa tinggal di komplek CERCONDESO di mana terdapat fasilitas aula seluas 100 m2, mushola, dapur, kamar mandi, camping ground dan taman. 

Tim KKN in Campus dan kelompok KKN reguler di Cidokom juga sudah mengadakan pertemuan dengan agenda perkenalan, pemaparan program STF, membicarakan KKN tahun sebelumnya, serta program selanjutnya yang bisa diselaraskan dengan kegiatan KKN tahun ini. Agenda pertemuan tersebut diadakan pada Rabu (7/6/2023) bertempat di kantor STF.

Sementara itu, tim KKN in Campus yang terdiri dari 10 orang dari berbagai fakultas sudah terlaksana sejak 5 Juni kemarin. Tim KKN in Campus ini akan terlibat aktif di kantor STF yang akan berlangsung selama 3 bulan kedepan yakni dari periode Juni hingga Agustus 2023. 

Pada hari pertama pelaksanaannya sudah ada 4 dari 10 mahasiswa yang datang ke kantor STF. Sedangkan beberapa yang lainnya masih berhalangan hadir dikarenakan masih dalam pelaksanaan masa aktif kuliah, adapun perkuliahan semester genap tahun 2023 ini baru akan berakhir pada akhir Juni nanti. Sehingga pelaksanaan KKN in Campus pun akan menyesuaikan jam perkuliahan masing-masing para mahasiswa.
Penulis: Farah Yuniar/FISIP/Mahasiswa KKN in Campus STF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here