Jakarta, STF News – Selasa (19/12/2023) Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta membuka kesempatan bagi mahasiswa UIN Jakarta dan umum yang ingin belajar langsung mengenai dunia kerja melalui program magang di STF. Program magang yang diadakan oleh STF memberikan pengalaman kerja yang fleksibel yang dapat dilakukan secara work from office (WFO) dan work from home (WFH). Sistem magang tersebut bertujuan agar produktivitas mahasiswa magang tetap terjaga. 

Periode magang mulai dari 1-3 bulan dan terbuka untuk mahasiswa semua jurusan minimal semester 5. Selain mendapatkan pengalaman, mahasiswa magang juga akan mendapatkan sertifikat di akhir masa magang.

Terdapat tiga posisi magang yang dibuka yakni social media officer, admin officer, dan marketing strategy. Mahasiswa dapat memilih sendiri posisi magang yang diinginkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. 

Aura Mustika Sari, mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Jakarta yang mengikuti intern sebagai posisi admin officer mengaku mendapatkan berbagai keterampilan melalui magang di STF. Salah satunya yaitu keterampilan dalam administrasi.

“Saya puas dengan pengalaman saya dan akan memanfaatkan pengalaman tersebut untuk karir saya kedepannya. Saya juga senang bekerja dengan tim yang profesional dan suportif,” kata Aura.

Kemudian mahasiswa magang lainnya dari posisi yang berbeda juga merasakan berbagai manfaat dengan mengikuti magang di STF.  Irenka Asyifa Najma, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) yang mengikuti magang pada posisi social media officer mendapatkan banyak wawasan mengenai desain dan juga pengetahuan mengenai bidang filantropi selama mengikuti magang di STF.

“Kepala divisi sangat jelas memberikan arahan dan instruksi membuat saya lebih mudah mengerjakan pekerjaan. Selain itu, lingkungan kerja yang positif seperti solid dan saling membantu membuat pekerjaan saya menjadi lebih mudah dan menyenangkan,” kata Irenka

Manfaat lainnya dari mengikuti magang di STF juga dirasakan oleh Anisah Tanti Puji Rahayu, mahasiswa FISIP yang magang di posisi marketing strategy. Ia belajar banyak hal baru selama magang di STF khususnya dalam bidang marketing yang dilakukan secara online dan offline. 

“Dalam periode singkat magang yang saya lakukan cukup menambah pengalaman saya dalam bidang marketing terutama secara online. Kegiatan magang saya sehari-hari adalah mendesain dan membuat konten instagram untuk mempromosikan Charity Store dan CECONDESO milik UIN Jakarta. Selain itu, saya juga menjaga toko buku Charity Store secara offline. Hal tersebut merupakan suatu tantangan bagi saya pribadi,” ujar Anisah.

Dengan adanya program magang yang diadakan oleh STF ini diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mempersiapkan bekal sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Para mahasiswa yang telah selesai mengikuti magang ini diharapkan mampu dan siap untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

STF mengucapkan terima kasih kepada para mahasiswa yang sudah menjadi bagian dari STF melalui program magang ini. STF selalu membuka peluang bagi mahasiswa yang ingin berkembang dan menambahkan pengalamannya di dunia kerja. 

Penulis: Farah Yuniar/ Internship STF

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here