Sejak diluncurkannya program konsultasi tanya dokter yang merupakan kerjasama Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta dan Tim Dokter serta Alumni FK UIN Jakarta banyak pertanyaan yang muncul terkait test Covid-19. Berikut diantaranya:

  1. Istri saya positif covid. Sudah isolasi di RS. Saya sudah tes antigen. Hasilnya negatif. Apa yang perlu saya lakukan selanjutnya? Haruskah saya tes PCR?

Jawab

Sebelumnya apakah bapak memiliki gejala? pemeriksaan swab antigen dapat memberikan hasil negatif palsu bila dilakukan pada waktu yang kurang tepat. Apabila tidak memiliki gejala baiknya dilakukan pemeriksaan swab antigen 5 hari setelah kontak atau jika bapak memiliki gejala dilakukan 1 – 5 hari setelah gejala muncul. Untuk saat ini yang dapat dilakukan tetap isolasi mandiri terlebih dahulu dan memantau kondisi tubuh bila muncul gejala serta konsumsi makan – makanan yang sehat dan bergizi serta melakukan antigen ulang 2-3 hari sesudah antigen pertama atau langsung konfirmasi dengan PCR. Bila nantinya muncul gejala dapat menghubungi dokter atau layanan faskes terdekat.

2. Hasil PCR saya positif, sekarang sudah isoman hari ke-8, saya mau tanya mulai kemarin muncul kemerah-merahan di daerah leher, itu kira-kira alergi obat atau muncul gejala baru yaa?

Jawab

kemerahannya berupa ruam kulit atau seperti biduran/ bentol-bentol? apa hanya terlokalisir di leher? umumnya alergi karena obat akan muncul segera setelah konsumsi obat. Untuk keluhan kulitnya masih sangat luas penyebabnya, baiknya bisa diperiksakan ke dokter karena untuk keluhan kulit memang harus dilihat secara langsung.

Menurut Rev05 Kemenkes untuk COVID tanpa gejala, gejala ringan sedang sesudah isolasi 10 hari dari tanggal konfirmasi positif atau ditambah 3 hari sesudah bebas gejala tidak perlu dilakukan follow up RT PCR lagi dan dinyatakan selesai isolasi mandiri. Lebih baik fokus pada isolasi mandiri karena pemeriksaan antigen akan memberikan hasil negatif sesudah hari 7 pasca terinfeksi virus walaupun isolasi belum dinyatakan selesai.

3. Dikarenakan PCR perlu biaya yg banyak, setelah seminggu saya PCR apakah saya tidak apa-apa jika-jika melakukan swab antigen saja?

Jawab

Untuk pemeriksaan ulang sebenarnya tidak perlu dilakukan bila bukan gejala berat. Ikuti ketentuan isolasi mandiri bila OTG lakukan isolasi mandiri 10 hari dari waktu terkonfirmasi dan bila Gejala Ringan 10 hari dari gejala + 3 hari bebas gejala. Bila sudah sesuai ketentuan waktu isoman maka sudah dapat dinyatakan sembuh.

4. Saya udah 12 hari isoman, kira2 tes SWAB lagi baiknya kapan ya?

Jawab

jika total waktu isolasi mandiri anda 10 hari sejak timbulnya gejala ditambah dengan 3 hari bebas gejala maka anda sudah selesai menjalani isolasi mandiri dan bisa dilakukan Swab PCR ulang dihari tersebut, namun  bisa saja hasilnya +, karena tubuh masih memetabolisme (membuang) sisa-sisa virus yang mati.

Baca juga: QnA Terkait Gejala Covid (Part 1)

5. Dok, saya sudah melakukan test swab antigen sesuai yg kemarin disarankan. Hasilnya negatif namun saya merasakan gejala selama 6-7 hari, seperti batuk, pilek, diare, mual, badan lemas dan hangat, dan terkadang sesak dada. Kira-kira ini bagaimana ya dok?

Jawab

Hasil swab antigen negatif tidak menyingkirkan COVID19. Pemeriksaan dapat dilanjutkan dengan PCR. Jika ada keluhan atau gejala klinis saran selain pemeriksaan lab untuk tetap periksa ke dokter atau faskes kesehatan untuk di evaluasi jika kemungkinan ada penyakit lain di luar covid

6. Kemarin ayah saya dilakukan medical check up dan dari hasil rontgen didapatkan gambaran GGO saya dan sekeluarga sontak panik dikarenakan kata dokter itu adalah gambaran covid, lalu ayah saya disarankan untuk periksa pcr dan didapatkan negatif kira kira bagaimana penjelasannya ya dok apakah ayah saya terkena covid atau tidak karna dari hasil rontgen dan hasil pcr berbeda

Jawab

Untuk penegakan diagnosis covid harus diketahui apakah ada gejala klinis, riwayat kontak maupun riwayat sakit sebelumnya. Hasil rontgen dengan gambaran GGO memang betul bisa didapatkan pada pasien covid namun bisa juga pada penyakit paru yang lain. Pemeriksaan RT-PCR saat ini memang menjadi gold standar untuk covid, namun tetap disarankan untuk periksa ke dokter atau ke fasilitas kesehatan untuk evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut sehingga bisa diketahui penyebab sakitnya.


Layanan konsultasi dokter gratis ini dibuka setiap Senin-Sabtu pada pukul 08.00 sampai dengan 16.00. Langsung saja kunjungi website www.stfuinjakarta.org dan akan ada tombol whatsapp dan percakapan dengan dokter akan diteruskan oleh admin.

Anda pun bisa ikut membantu kesembuhan mereka

Bersyukurlah jika saat ini anda dan keluarga dalam keadaan sehat. Namun, masih banyak dari mereka yang berjuang untuk sembuh.

Salurkan kebaikan anda melalui rekening:

💳 Bank Mandiri 1640000585440
a.n. Lembaga Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah

💳BSI-BNI Syariah 3003.03.0407
a.n. Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Yayasan

Hotline: 0811-9239-913 (Hikmatul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here