Di tahun 2015, Social Trust Fund (STF) UIN Jakarta kembali menggulirkan beasiswa perdamaian bagi pelajar pascakonflik di wilayah Poso. Berdasarkan laporan Pendeta Roswin Wuri (Presidium Persatuan Sekolah Perempuan Perdamaian Wil. Kab Poso), melalui The Asian Muslim Action Network Indonesia (AMAN Indonesia) STF UIN Jakarta pada tahap I menyetujui sepuluh siswa yang menerima beasiswa di tahun 2015 ini. Beasiswa ini tentunya mengemban misi perdamaian, yang menjadi harapan bersama agar besiswa ini menjadi penyemangat. Sehingga, bersama dengan perjuangan yang sungguh-sungguh dari anak-anak dalam belajar dapat mengantarkan mereka untuk meraih keberhasilan.

Sepuluh siswa tersebut terdiri dari enam orang di tingkat SMP dan empat orang di tingkat SLTA (SMK, SMA). Enam orang siswa SMP tersebar di tiga sekolah yaitu SMP Negeri 2 Malei, SMP GKST I Tentena, dan SMP GKST 2 Tentena, serta empat orang lainnya tersebar di SMK Negeri I Poso, SMA Negeri 3 Poso, SMA GKST II Tentena, dan SMK GKST 2 Tentena. Beasiswa yang diberikan bermacam-macam bentuknya sesuai dengan kebutuhan siswa di masing-masing sekolah. Beasiswa tersebut berupa biaya pendidikan, uang buku pelajaran, uang baju seragam sekolah, dan uang saku.

Ibu Pendeta Roswin Wuri beserta para pegiat Sekolah Perempuan yang memberikan langsung bantuan dengan mendatangi sekolah-sekolah tersebut pada tanggal 3 dan 5 Agustus 2015. Pemberian beasiswa juga disaksikan oleh guru, kepala sekolah serta orang tua/wali siswa penerima beasiswa.

Bapak Gusnila Sanggona, M.Pd.K-Kepala SMK Negeri I Poso

“Saya memberi apresiasi kepada STF UIN Jakarta yang dengan tulus membagi perhatiannya kepada anak-anak di Poso dan ucapan terima kasih kepada Sekolah Perempuan yang telah bekerjasama dengan presidium dalam penyaluran beasiswa ini. Tertitip harapan kiranya kedepan bukan hanya Thyas Adhitya yang mendapatkan beasiswa, tetapi juga anak-anak lain yang masih perlu dibantu.”

Bapak Abdullah-Wakil Kepala Bidang Kurikulum SMA Negeri 3 Poso

“Saya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bagian dari upaya turut mencerdaskan kehidupan bangsa lewat pemberian beasiswa pada seorang siswa SMA Negeri 3 Poso. Serta terima kasih karena salah seorang siswanya dibantu melalui Beasiswa STF UIN Jakarta.”

Kepala SMP Negeri 2 Malei

“Berterima kasih kepada Sekolah Perempuan yang tetap memberi perhatian terhadap pendidikan anak-anak secara khusus bagi anak Hardi Bolabu dan anak Sinta Maria Elita Pasoa penerima beasiswa. Saya berharap agar program Beasiswa Perdamaian STF UIN Jakarta bisa berlanjut dan dapat menjangkau juga anak-anak lain yang perlu di bantu.”

Ibu Yeni Flora Tampa’i, M.Pd-Kepala SMA GKST II Tentena

“Atas nama SMA GKST 2, saya menyampaikan ucapan terima kasih atas pemberian beasiswa bagi anak Vita dan kiranya dapat berlanjut hingga tamat.”

Bapak Yamer Labiro, M.Pd-Kepala SMAK GKST 2 Tentena

“Program beasiswa perdamaian ini ‘unik’ dan menginspirasi banyak orang bahwa misi perdamaian menembus segala perbedaan dimana lembaga pendidikan Muslim UIN Jakarta dengan tulus membantu anak-anak disekolah kristen khusus di SMK GKST 2 Tentena. Saya menitipkan salam hormat dan ucapan terimakasih kepada STF UIN Jakarta dan AMAN Indonesia, dengan harapan bila memungkinkan kedepannya penerima beasiswa di SMK GKST 2 akan bertambah.”

Ibu Liliane Kolu, M.Pd-Kepala SMP GKST 1 Tentena

“Penghargaan kami berikan kepada presidium dan Sekolah Perempuan Mandiri Pamona yang telah menyalurkan beasiswa. Teknik penyerahan beasiswa langsung ke sekolah adalah cara yang baik, supaya tepat sasaran. Karena pengalaman sebelumnya ketika beasiswa diserahkan langsung pada orang tua tapi kenyataannya si anak penerima beasiswa masih saja menunggak di sekolah. Ucapan terimakasih kami sampaikan kepada pihak pemberi beasiswa STF UIN Jakarta, dalam kerjasama dengan AMAN Indonesia.”

Kepala SMP GKST 2 Tentena

“Saya menyatakan salut kepada Sekolah Perempuan dan presidium walau di tengah-tengah kesibukan pelayanan, masih sempat membagi waktu untuk peduli kepada pendidikan anak-anak. Kegiatan ini sejalan dengan program pemerintah agar tidak ada anak-anak yang tidak sekolah. ‘Beasiswa ini memberi motivasi kepada anak Yesti dan Joiner untuk belajar sungguh-sungguh, tidak bolos-bolos, supaya kelak kalian berhasil’. Juga saya mengucapkan terima kasih kepada STF UIN Jakarta dan AMAN Indonesia atas program beasiswa ini, dan semoga tetap berlanjut di masa mendatang. Tuhan memberkati.”

Sekertaris Kelurahan Sawidago

“Apresiasi dan ucapan terima kasih atas program Beasiswa STF UIN Jakarta-AMAN Indonesia bagi dua anak dari masyarakat kelurahan Sawidago. Kalau orang dari luar saja begitu peduli pada Pendidikan anak-anak kita, seharusnya kita lebih peduli lagi menyiapkan masa depan anak-anak kita.”

[https://www.youtube.com/watch?time_continue=250&v=tS8xSXIDPjM’]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here